Tips agar bisa MEMBACA EFEKTIF

bacaMembaca adalah satu cara kita belajar, namun pernahkah Anda mengalami hal seperti yang saya alami ?

Setelah membaca dan menyelesaikan satu buku, justru kita semakin bingung apa sebenarnya yang kita baca.

Jadi males rasanya.., setelah capek-capek kita membaca berjam-jam, tetapi pada akhirnya kita malah bingung apa sebenarnya yang penulis sampaikan di bukunya.

Akhirnya, saya belajar bagaimana teknik membaca agar proses membaca jauh lebih efektif. Saya belajar mulai dari speed reading, power reading, hingga akhirnya saya menemukan guru yang tepat yang mengajarkan teknik baca kilat.

Berikut ini akan saya share agar Anda mengetahui apa yang perlu dilakukan saat membaca. Yang akan membuat proses membaca Anda jadi lebih efektif, mendapatkan semua informasi penting yang dibutuhkan.

1) Rasa Penasaran

Agar bisa menyelesaikan membaca satu buku, maka buku tersebut harus manarik untuk dibaca. Semakin ia menarik, semakin kita betah untuk berlama-lama dengan buku tersebut.

Mengapa seseorang bisa tetap fokus dan lupa waktu untuk membaca novel tapi tidak untuk buku tebal sejenisnya? Di mana letak perbedaannya?

Rasa penasaranlah yang membuat seseorang rela memaca novel sampai larut malam. Novel mampu memicu rasa penasaran sedangkan buku tebal, sangat jarang. Ia lebih fokus memberi informasi dan fakta yang tidak disukai oleh pikiran. Dan faktanya, hanya sedikit orang yang menyukai informasi seperti itu.

Rasa penasaranlah adalah kunci penting agar kita bisa membaca tuntas satu buku dan melahap semua informasi yang dibutuhkan.

2) Bertanya
Yup, inilah cara terbaik yang bisa kita lakukan untuk menumbuhkan rasa penasaran. Tidak masalah, apakah buku tersebut sesuai minat atau kebutuhan Anda. Anda tetap bisa menumbuhkan rasa penasaran pada buku tersebut.

Saat bertanya, kita memberi perintah kepada pikiran bawah sadar untuk mencari jawaban dari pertanyaan yang diajukan. Ini membuat pikiran bawah sadar tetap aktif pada hal yang sedang kita kerjakan.

Dengan begitu, kita tidak harus menghadapi rasa bosan, malas dan mengantuk saat membaca. Yang terjadi di pikiran bawah sadar saat kita bosan, malas dan mengantuk adalah, ia tidak memiliki kegiatan pasti yang dirasa penting dan tidak mengetahui apa yang harus dicapai saat membaca.

Dengan mengajukan pertanyaan kepada pikiran, secara tidak langsung ia mengetahui apa yang perlu ia dapatkan di buku tersebut. Jadi, Anda bisa tetap berkonsentrasi untuk waktu yang lama.

Dalam bertanya itu sendiri, mulailah bertanya pada judul bab, sub judal dan sub-sub judul. Jika bahan bacaan begitu banyak sehingga ke sub atau sub-sub bab membutuhkan waktu lama, maka bertanyalah tentang konten sub bab yang Anda baca.

Demikian tips sederhana yang mungkin belum Anda praktekkan sebelum Anda membaca sebuah buku.

Oo ya, sekarang sedang berlangsung IBF 2016 di Jakarta, Anda bisa berburu buku baru untuk di baca. Dan banyak acara menarik juga loh di sana untuk menambah pengetahuan kita.

Anda sudah ke sana ?

Silakan tulis di komentar buku apa saja yang sudah Anda beli…
boleh juga di share utk berbagi tips ini kepada sahabat Anda.

Wahid Hasyim's photo.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s