3 Jalan Menuju Surga

Ada 3 pilihan yang bisa kita tempuh untuk masuk ke Surganya Allah SWT. yang pertama melalui jalur hisab (perhitungan amal) dan kedua melalui jalur tanpa hisab, dan ketiga masuk ke surga tetapi harus ke neraka dulu.

Jika kita renungkan pilihan yang pertama, Masya Allah proses hisab adalah proses yang kalo kita bayangin sangat menegangkan. Di dunia saja kalo kita sedang di nilai atasan atau di supervisi itu menegangkan, Nah ini… Allah SWT yang menilai.

Sekecil apapun amalan kita di dunia akan diperhitungkan, begitu juga sebaliknya sekecil apapun keburukan akan ada balasannya.

Berbicara hisab berarti amal kebaikan kita seperti sholat, puasa, haji / umroh, zakat, sedekah belum tentu di terima. Akan ada proses penilaian atau studi kelayakan lah istilahnya. Apakah ibadah-ibadah tersebut sudah sesuai dengan sunnah, bagaimana dengan niatnya, dll.

Belum lagi…, dosa yang melibatkan orang lain. Mungkin kita lolos tahap pertama dan dinyatakan masuk surga. Tapi jika ada seseorang yang menggugat kita, karena dosa yang pernah kita perbuat kepada mereka. Habislah kita … kita akan ditarik lagi tuh dari surga.. Masya Allah…

Jika proses perhitungan selesai dan kita dinyatakan lolos. Allah swt berfirman :

” Inilah (surga) balasan untukmu, dan segala usahamu diterima dan diakui (Allah)  ” QS. Al-insan ayat 22

Ampuni kami Ya Allah, Maafkan Kami wahai saudara-saudara jika kami telah atau pernah menyakiti kalian.

Jalan ke surga itu Sulit, tapi siapapun bisa masuk. Asal siap di uji, diberi berbagai cobaan.

Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang padamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa malapetaka dan kesengsaraan, serta diguncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya, “Kapankah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat. (QS. Al-Baqarah:214)

Kemudian pilihan ke dua, ini bisa dikatakan  jalur khusus, untuk orang-orang yang punya amalan khusus. Masuk surga tanpa proses Hisab. Siapa sih yang nggak mau ??

Tapi, untuk dapat tiket jenis ini juga tidaklah mudah.

Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad di antaramu, dan belum nyata orang-orang yang sabar. Sesungguhnya kamu mengharapkan mati (syahid) sebelum kamu menghadapinya; (sekarang) sungguh kamu telah melihatnya dan kamu menyaksikannya (TQS Ali Imran [3]: 142-143).

Dan yang ketiga, masuk ke surga tetapi harus bermalam dulu di neraka. Artinya di siksa dulu , dibersihkan dulu di sana. Lamanya tergantung banyaknya dosa.

Masya Allah, kalo bisa kita jangan memilih cara ketiga ini. Dan kita berlindung kepada -Nya dari cara ketiga ini.

Allahu ‘Alam

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s