Tips Memilih Sekolah untuk si Buah Hati

Dengan berakhirnya semester I tahun ajaran 2015-2016 ini pastinya Ayah dan Bunda sudah mulai mencari sekolah-sekolah lanjutan untuk putra dan putrinya. Saya perhatikan juga sudah banyak spanduk sekolah-sekolah swasta bertebaran.

Di awal semester genap ini memang sudah banyak sekolah yang membuka PSB. Persaingan dalam merebut hati anak ataupun orang tua telah dimulai.

Dalam memilih sekolah untuk buah hati tercinta sebaiknya Ayah dan Bunda perlu mengenal betul sekolah yang menjadi tujuan.

Misalnya membaca Visi dan Misi Sekolah, memperhatikan lingkungan sekolah, dan yang paling penting adalah kualitas guru-guru di sekolah tersebut.

Kenapa lingkungan sekolah dan guru sangat penting ?

Lingkungan menjadi faktor penting dalam belajar, perhatikan lingkungan sekolah mulai dari siswa-siswanya, kondisi halaman, kondisi ruang kelas, dll. Lingkungan juga akan menjadi faktor penting dalam menciptakan habit atau kebiasaan-kebiasaan baik bagi buah hati kita. Buah hati kita akan melihat sikap teman-teman sebayanya, kakak kelasnya, bahkan guru-gurunya juga.

Kemudian kualitas guru juga tidak kalah penting. Ayah Bunda perlu tau bagaimana sekolah yang dituju mengelola dan meningkatkan kualitas guru secara berkala. Sekolah yang baik pasti memiliki kurikulum pengembangan SDM terutama guru.

Selanjutnya, Ayah Bunda juga bisa melihat bagaimana kualitas lulusan dari sekolah yang dituju. Bagaimana akhlaqnya ? bagaimana prestasinya ? dan lain-lain.

Semoga tulisan singkat ini bisa menjadi acuan Ayah dan Bunda dalam memilih sekolah untuk buah hati tercinta.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s