Rumus Ini Bisa Membuat Anak Anda Menjadi Seorang Expert

Orang tua mana yang tidak bangga jika putra / putrinya menjadi seperti seorang Habibie , atau seorang Asma Nadia, atau seorang Mario Teguh yang pakar dalam memotivasi. Dan Anda tentunya menginginkannya juga bukan ?

Sebagai orang tua Anda tentu sudah mempersiapkan putra-putri Anda dengan memberikannya pendidikan baik formal maupun informal.

Tetapi tahukah Anda ?

Ternyata sekolah tidaklah cukup untuk mengantarkan mereka menjadi seorang Expert. Karena kurikulum sekolah di negeri ini hanya menitikberatkan pada satu titik. Dimana titik itu masih berpusat pada kemampuan kognitif saja.

Dan rumus ini bisa Anda terapkan untuk mendidik anak Anda menjadi seorang Expert.

Experts= Habits x Time — Habits = Practise + Repetition

Seorang ahli kebanyakan di dunia ini lahir dari sebuah pola rumus diatas. Jika saja Anda menerapkan pola ini BIIDZNILLAH (dengan izin Allah) maka anak Anda akan menjadi seorang Expert.

Bagaimana pola / rumus diatas di terapkan ?

Berikut langkah-langkah menerapkan rumus diatas :

  1. Jika Anda sebagai orang tua sudah mengetahui bakat/passion/minat anak, maka Anda bisa memulai membangun kebiasaan dari sesuatu yang digemari anak Anda. Namun, jika Anda masih ragu atau bahkan tidak mengetahui sama sekali saran saya segera lakukan tes minat/bakat. Saya pribadi menyarankan tes STiFIn, sebagaimana yang saya lakukan terhadap anak saya.
  2. Tuliskan habits/ kebiasaan yang akan dibangun bersama anak Anda. Dengan catatan habits yang dibangun harus habits yang menunjang bidang yang akan di geluti anak Anda. Contoh : untuk menjadi seorang penulis kebiasaan yang harus dibangun adalah membaca, berdiskusi, dan menulis.
  3. Habits baru akan terbentuk dengan sendirinya jika dilakukan secara terus menerus tanpa terputus. Karena Habits lahir dari practise (latihan) dan repetition (pengulangan).
  4. Pernah dengar hukum 10.000 jam ? Jika seseorang sudah berlatih selama 10.000 jam atas suatu hal tertentu, maka dia akan menjadi seorang ahli dalam bidang tersebut
  5. Maka tunggulah waktu dimana anak Anda akan menguasai skill yang digelutinya.

10.000 jam lama sekali ya?

Itu berarti kalau menggunakan waktu full 24 jam untuk berlatih, kita membutuhkan waktu kurang lebih…. 416 hari atau sekitar 1 tahun 2 bulan.

Tapi tenang…
Dengan jurus FOKUS dan KONSISTEN, John C. Maxwell dalam bukunya Developing Leader Around You akan menyederhanakan hukum 10.000 jam tersebut menjadi lebih mudah.

Bagaimana Caranya ??
Lakukan latihan rutin 1 jam setiap hari.
Buat dalam agenda mingguan
dan jangan lupa KONSISTEN dengan apa yang telah dibuat

Jangan lupa juga bantu dengan do’a mohon kepada Allah swt agar kelak anak Anda menjadi manusia yang bisa membawa banyak manfaat untuk sesama.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s