Salah Tembak

Tak terasa waktu berjalan semakin cepat, kita sudah disibukkan kembali dengan persiapan dan pematapan menjelang Ujian Sekolah / Ujian Nasional. Dan banyak sekolah yang sudah menerapkan jam tambahan belajar bagi siswa kelas 6, 9, dan kelas 12. Mungkin ini juga berlaku di sekolah Anda.

Kegiatan tambahan jam belajar atau sekolah biasanya menyebutnya dengan berbagai nama seperti PM (pendalaman materi) / Bimbel (bimbingan belajar) / atau ada juga yang menyebutnya dengan nama pemantapan ujian. Program tersebut sah-sah saja karena hal itu dilakukan dalam rangka upaya sekolah menyiapkan para peserta agar lebih siap menghadapi Ujian Nasional dan memperoleh nilai rata-rata kelulusan.

Yang menjadi koreksi saya pribadi adalah kebanyakan sekolah melakukan kegiatan tersebut tanpa melakukan evaluasi terlebih dahulu. Evaluasi yang di maksud adalah evaluasi berupa :

  1. Evaluasi kualitas pengajaran yang dilakukan Guru, sudahkah guru-guru mengajar dengan tepat ? Sudahkah Guru-guru yang mengajar di kelas akhir menguasai berbagai metode pengajaran ?
  2. Evaluasi kemampuan siswa ? Sudahkah siswa mengetahui cara belajar yang tepat sesuai dengan gaya belajarnya ?

Banyak sekolah ‘salah tembak’, mereka langsung menggenjot siswa dengan berbagai tambahan belajar, tambahan latihan soal, tanpa memperhatikan kualitas guru pengampu, dan tanpa memperhatikan kemampuan siswa dalam belajar.

Lebih parahnya lagi, setelah siswa digenjot dengan aktivitas tambahan belajar yang sangat padat ujung-ujungnya sekolah melakukan KECURANGAN demi menaikkan citra sekolah/kepala sekolah di mata masyarakat atau dinas setempat.

Bagaimana seharusnya ?

AGar tidak ‘salah tembak’ sekolah seharusnya :

  1. Lakukan evaluasi kualitas guru, upgrade kemampuannya dengan pelatihan dan evaluasi secara berkala.
  2. Evaluasi kemampuan siswa dalam belajar, sudahkah mereka paham cara belajar yang tepat ? Adakan juga pelatihan untuk mereka cara belajar, keterampilan belajar.

Jika guru paham cara mengajar + siswa paham cara belajar maka hasilnya adalah SUKSES.

Jika sekolah Anda butuh pelatihan Belajar Cara Belajar untuk guru dan siswa, BEL-C siap membantu.

Hubungi kami segera ! GRATIS !!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s