Tips membangun kebiasaan baru

Manusia adalah makhluk kebiasaan, lebih dari 95% dari apa yang kita lakukan adalah kebiasaan. Ratusan kebiasaan mempengaruhi hari-hari kita, mulai dari berpakaian, berbicara, tidur, apa yang kita makan, bagaimana bekerja, bisnis, olahraga atau menghabiskan waktu nonton tv. Kebiasaan terbentuk dalam otak kita yang tersembunyi, tepatnya dalam pikiran bawah sadar yang menjadi pusat kebiasaan kita berkumpul.

Kebiasaan, menurut para ilmuwan, muncul karena otak terus menerus mencari cara untuk menghemat usaha. Secara alami, otak akan
membuat hampir semua rutinitas menjadi kebiasaan, karena kebiasaan memungkinkan pikiran kita untuk bekerja lebih efektif.
Insting untuk menghemat usaha ini adalah sebuah keuntungan besar. Jadi semua kebiasaan kita adalah mekanisme otomasi dari pikiran bawah sadar kita.

Tips membangun kebiasaan baru yang positif

1. Pilihlah tidak lebih dari satu atau dua kegiatan positif yang Anda inginkan menjadi sebuah kebiasaan baru.

Perjalanan seribu mil dimulai dengan satu langkah. Mulailah dengan kegiatan keci hingga akhirnya membuahkan kesuksesan. Banyak yang mengatakan bahwa dibutuhkan waktu 21 sampai 30 hari untuk menciptakan kebiasaan, tetap bisa juga bervariasi, bergantung seberapa berat kegiatan yang dilatih itu. Bangunlah satu demi satu kebiasaan, maka dalam setahun kita bisa menghasilkan beberapa kebiasaan baru yang positif dan mendukung kesuksesan.

2. Buat jadwal atau waktu yang jelas dan spesifik kapan Anda melakukan kebiasaan. Dengan kejelasan dalam diri kita, kita mengurangi energi yang akan kita keluarkan untuk menyelesaikannya.

3. Fokus pada apa yang ingin Anda lakukan, bukan tantangannya. Pikirkan dalam pikiran Anda begitu mudahnya kebiasaan baru positif, begitu mudahnya melakukan hal itu, sungguh cepat dan prosesnya amat menyenangkan. Dengan begitu, Anda memikirkannya sepanjang hari. Pikiran Anda pun menangkap perintah bahwa seharusnya inilah yang terjadi, bukan sebaliknya.

4. Bekerja Sama Membangun Budaya. Ajaklah teman / saudara untuk membantu membuat Anda lebih konsisten. Minta dukungan darinya, lalu tawarkan dukungan yang bisa Anda lakukan untuk membantunya. Bisa juga Anda bergabung dengan sebuah komunitas tertentu yang dapat membuat Anda kosisten, misal dalam membangun kebiasaan menulis di Blog, Anda bisa bergabung dengan KSGN (Komunitas Sejuta Guru Ngeblog)

5. Selalu merasa baru. Tanamkan dalam pikiran Anda pikiran seorang pemula.

Melatih kebiasaan baru merupakan sebuah tantangan. Selalu akan ada godaan untuk tidak melakukannya. Kesediaan kita untuk selalu menjaga diri bertanggung jawab setiap kali mendapat kesulitan itulah yang akan menjaga kita terus membangun kebiasaan produktif, terus belajar, terus bertumbuh.

Selamat membangun kebiasaan positif !

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s