//
anda sedang membaca...
Catatan Harian, Pendidikan

Mari Menjadi Guru yang Terus Belajar dan Menginspirasi

Profesi guru di negara ini memang belum menjadi profesi idaman setiap anak. Terbukti di waktu pagi dalam menyambut hari guru sebelum memulai kelas saya bertanya kepada peserta didik siapakah diantara kalian yang punya cita-cita menjadi seorang guru, dan ternyata dari 28 siswa hanya 1 orang saja yang mengangkat tangan dan dengan yakin berkata “Saya Pak”.

Jangankan mereka yang masih duduk di sekolah dasar, para mahasiswa saja yang yang kuliah di kampus pendidikan banyak yang tidak ingin berkarier menjadi seorang guru selepas mereka lulus. Ini satu indikator bahwa profesi guru masih di pandang sebelah mata, mungkin masih kalah jika dibandingkan dengan profesi Dokter ataupun Arsitek.

Di hari guru ini saya sedikit bernostalgia, mencoba menulis napak tilas kehidupan ketika saya memutuskan berkarier menjadi seorang guru. Sebagai lulusan sarjana dari non kependidikan, dan menjadi seorang guru bukanlah cita-cita saya sejak kecil.  Namun, saya dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang berprofesi sebagai guru. HIngga akhirnya Allah SWT tunjukkan jalan sehingga saya ‘terjebak’ dalam dunia pendidikan kemudian banyak bergelut dengan dunia anak-anak hingga lambat laun saya pun jatuh cinta dengan pekerjaan ini.

Sadar bukan lulusan sarjanan pendidikan, saya pun bertekad untuk terus belajar menjadi guru yang profesional, berbagai buku saya baca dan pelajari, berbagai seminar atau pelatihan saya geluti, dan untuk mencari tempat sharing saya pun bergabung di beberapa komunitas guru. Kemudian banyak bertemu dengan guru-guru hebat yang ternyata banyak dari mereka bukan lulusan kependidikan. Sehingga saya terinspirasi akan kesuksesan mereka.

Sebut saja, Agus Sampurno. Saya mengenalnya melalui blog gurukreatif.wordpress.com, kemudian bertemu dengan beliau ketika saya berhasil mengundangnya untuk berbagi ilmu di sekolah tempat saya mengajar. Salah satu yang menginspirasi saya dari pak Agus Sampurno adalah kegiatan menulis dan berbagi melalui media blog.

TFT Blog bersama Indosat, dan bertemu Pak Agus Sampurno

TFT Blog bersama Indosat, dan bertemu Pak Agus Sampurno

Selanjutnya Bpk. Munif Chatib, siapa yang tak kenal beliau. Seorang penulis Best Seller dengan 3 bukunya yang berjudul Sekolahnya Manusia, Gurunya Manusia, dan Orang tuanya Manusia.Pak Munif yang ternyata seorang Sarjana Hukum dan terjun ke dunia pendidikan dengan misi memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia.

Mengikuti Training Bersama Pak Munif Chatib

Mengikuti Training Bersama Pak Munif Chatib

Mereka berdua menjadi sumber inspirasi saya, hingga saat itu saya pun bertekad untuk bisa menimba ilmu dari mereka, dan Alhamdulillah saya sudah pernah mengikuti pelatihan/ workshop yang mereka bawakan.

Di awal menjalani profesi ini, saya berpikir mengajar itu sangatlah mudah, apalagi di jenjang Sekolah Dasar. Karena pastinya materi pelajaran anak SD itu tidaklah sulit. Lambat laun seiring bertambanhnya ilmu dan pengalaman, saya sadar bahwa mengajar anak usia SD ternyata jauh lebih sulit dari mengajar anak usia remaja (SMP dan SMA) dan tugas seorang guru ternyata tidak hanya menyampaikan materi semata atau sekedar menghabiskan kurikulum, tetapi ia mesti memberikan tambahan berupa nilai nilai non akademis, yaitu nilai-nilai kehidupan berapa akhlaq dan keterampilan.

Menjadi guru yang terus inspiratif adalah misi saya, saya selalu berusaha agar setiap hari bisa memberikan inspirasi bagi peserta didik. Inspirasi mungkin tidak akan mereka rasakan saat ini juga, tetapi bisa jadi 5 – 10 tahun yang akan datang. Dengan terus menjadi guru yang inspiratif semoga tugas dan amanah yang begitu berat menjadi seorang guru bisa saya jalankan dengan baik, hingga di akherat kelak banyak kebaikan yang akan saya dapat.

Beberapa cara yang saya tempuh untuk menjadi guru inspiratif dan terus saya jalankan dalam tugas mendidik dan mengajar antara lain :

  1. Saya berusaha membantu setiap peserta didik tumbuh dan berkembang sesuai dengan bakat dan minatnya. Senantiasa memberikan semangat dan ruang untuk mereka berkembang, hingga mereka tumbuh lebih baik, percaya diri dan sadar akan potensi dalam diri mereka.
  2. Saya selalu menularkan semangat dan dorongan untuk sukses dengan memberikan motivasi dan memberi keyakinan bahwa setiap mereka memiliki bakat terpendam. Hingga akhirnya timbul dengan sendirinya kesadaran betapa pentingnya menikmati sebuah proses belajar, tidak hanya sebagai sebuah interaksi pasif di kelas, tetapi sebuah proses yang menantang.
  3. Keep it Simple. Saya harus mampu mengubah rasa takut dalam diri peserta didik terhadap mata pelajaran yang saya ajarkan, dengan membuat rancangan pembelajaran yang menyenangkan dan akhirnya membuat pelajaran saya “terlihat” lebih mudah.
  4. Selalu berusaha Antusias , Inovatif & Kreatif, dan memiliki sumber energi tanpa batas. Tidak mudah menyerah terhadap kendala apapun di dalam kelas, dengan menerapkan berbagai metode dalam pembelajaran.

Saya meyakini, ketika berhasil menginspirasi siswa maka guru akan bisa menjadi inspirasi bagi kawan-kawan seprofesinya. Sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Agus Sampurno dan Munif Chatib. Maka dari itu saya mengajak kepada semua guru-guru Indonesia, marilah dan terus menjadi guru yang menginspirasi, untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik.

  Tulisan ini diikutsertakan pada lomba Menulis Untuk Guru yang dilaksanakan KSGN BEKERJASAMA dengan    pendidikinspiratif.wordpress.com

gb 1

pendidik-inspiratif-banner-20

About mrwahid

I'm a Teacher in SDIT Islamia

Discussion

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Daftar Sementara Peserta Lomba Artikel inspiratif | Pendidik inspiratif - November 28, 2014

Leave a Reply

Mr.Wahid

Pengunjung Online

”amung

Statistik

Alexa Certified Traffic Ranking for mrwahid.worpress.com
Banner 250x250 pxl

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 39 other followers

@My Tweett

Sepercik Embun Hidayah

Setiap penulis akan meninggal. Hanya tulisannya yang akan kekal sepanjang masa. Maka tulislah tulisan yang akan membuatmu bahagia di hari kiamat.

Yusron Fauzi

Pembelajar yang Tak Pernah Pintar

Blog Pendidik

@dwitagama: karakter tumbuh dari pembiasaan

Creative Learner

Learning, Teaching and Story Telling

Catatan wisha

untuk sahabat yang ingin berbagi

Swim to my words... Swim to my world...

Love the life you live... Live the life you love...

SUZIE ICUS PERSONAL BLOG

Education is not preparation for life; education is life itself - John Dewey

mulyana kuningan asri

tak pernah berhenti belajar

Blog Guru Kreatif

Praktisi pelatihan guru dan konsultan manajemen sekolah

kangdidisuradi

siswa yang berkarakter dimulai dari guru yang berkarakter

arebyne

Never Old to Learn

Nunung Nuraida

merekam asa, rasa dan cerita

Myblog.Ies-is

Ikhlas dengan takdirmu..,karena..,Ikhlas itu seperti dalam surat Al Ikhlas

