//
anda sedang membaca...
Catatan Harian, Pendidikan, Tips Belajar

Model PAIKEM dan Beberapa Contohnya

PAIKEM adalah singkatan dari Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Aktif dimaksudkan bahwa dalam proses pembelajaran guru harus menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya, mempertanyakan, dan mengemukakan gagasan.

Pelaksanaan Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) adalah tuntuntan undang-undang yang wajib dilaksanakan oleh setiap guru terhadap anak-anak didiknya. Dasar hukumnya jelas terdapat dalam :

  1. Pasal 1 ayat 1 dan pasal 2 ayat 2 UU RI No.20 tahun 2003, tentang SisDikNas.
  2. Pasal 19 ayat 1 dalam Peratutan Pemerintah No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  3. Pasal 1 ayat 1 dalam UU RI No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Untuk itu kita sebagai guru perlu memiliki banyak amunisi dalam setiap proses pembelajaran, kemudian amunisi itu alangkah baiknya kita dokumentasikan dalam bentuk lesson plan, ataupun tulisan sederhana dalam blog pribadi.

Berikut ini beberapa model-model pembelajaran PAIKEM yang pernah saya terapkan dalam pembelajaran di kelas, semoga bisa menjadi inspirasi bagi rekan-rekan semua.

1. Everyone is a Teacher Here

Langkah penerapan :

  • Bagikan kertas kosong seukuran kartu, mintalah mereka menuliskan sebuah pertanyaan tentang materi pokok yang sedang dipelajari.
  • Kumpulkan kertas-kertas tersebut, kocok dan bagikan kembali secara acak dengan mengusahakan pertanyaan tidak kembali kepada yang bersangkutan.
  • Mintalah mereka untuk mengerjakan.
  • Undang sukarelawan untuk membacakan pertanyaan dan jawabannya, kemudian mintalah kepada teman sekelasnya untuk memberi pendapat atau melengkapi jawabannya.
  • Kembangkan diskusi lebih lanjut dengan cara siswa bengantian membacakan pertanyaan di tangan masing-masing
  • Guru memberikan kesimpulan, klarifikasi, dan tindak lanjut.

2. The Power of Two an Four

  • Beri permasalahan terkait materi, mintalah untuk mengerjakan secara perseorangan
  • Peserta didik diminta berpasangan untuk mendiskusikan jawaban kembali, sepakati bersama hasilnya.
  • Peserta didik diminta bergabung dengan setiap 2 pasang menjadi 1 kelompok diskusikan kembali dan sepakati bersama hasilnya yang baru.
  • Guru melakukan kesimpulan, klarifikasi, dan tindak lanjut.

About mrwahid

I'm a Teacher in SDIT Islamia

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Mr.Wahid

Pengunjung Online

”amung

Statistik

Alexa Certified Traffic Ranking for mrwahid.worpress.com
Banner 250x250 pxl

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 39 other followers

@My Tweett

Sepercik Embun Hidayah

Setiap penulis akan meninggal. Hanya tulisannya yang akan kekal sepanjang masa. Maka tulislah tulisan yang akan membuatmu bahagia di hari kiamat.

Yusron Fauzi

Pembelajar yang Tak Pernah Pintar

Blog Pendidik

@dwitagama: Karakter tumbuh dari pembiasaan

Creative Learner

Learning, Teaching and Story Telling

Catatan wisha

untuk sahabat yang ingin berbagi

Swim to my words... Swim to my world...

Love the life you live... Live the life you love...

SUZIE ICUS PERSONAL BLOG

Education is not preparation for life; education is life itself - John Dewey

mulyana kuningan asri

tak pernah berhenti belajar

Blog Guru Kreatif

Mitra dalam wujudkan sekolah yang efektif dan guru yang profesional

kangdidisuradi

siswa yang berkarakter dimulai dari guru yang berkarakter

arebyne

Never Old to Learn

Nunung Nuraida

merekam asa, rasa dan cerita

Myblog.Ies-is

Ikhlas dengan takdirmu..,karena..,Ikhlas itu seperti dalam surat Al Ikhlas

%d bloggers like this: