//
anda sedang membaca...
Pakem, Pendidikan

Penerapan Scientific Approach dalam KTSP

Meski kurikulum 2013 belum sepenuhnya di terapkan, namun yang perlu serius digarap oleh sekolah sekarang ini baik yang menjadi sekolah sasaran atau tidak, adalah mengubah paradigm guru untuk mengadopsi model pembelajaran menuju kearah penguatan sikap, ketrampilan dan pengetahuan yang terintegrasi dengan Scientific Approach terhadap mata pelajaran masing.-masing dengan mulai melakukan perubahan pada Silabus dan RPP yang ada di KTSP serta mengimplementasikan dalam pembelajaran di kelas.

Saya mencoba untuk menerapkan ini dalam pembelajaran IPA di kelas 5, berikut ini adalah lesson plan yang saya buat untuk pembelajaran IPA dengan pendekatan Scientific Approach.

Indentitas

Nama guru : Wahid Hasyim
Sekolah : SD IT Islamia
Mata Pelajaran : IPA (SAINS)
Kelas/Semester : 5 / I
Waktu : 6 pertemuan
Tanggal pembuatan : 3 September 2013
Standar Kompetensi :
  1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
Kompetensi Dasar : 1.3      Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan
Indikator :
  1. Mengidentifikasi alat pencernaan makanan pada manusia dan fungsinya
  2. Menjelaskan perbedaan pencernaan kimiawi dan mekanik
  3. Mencari informasi tentang penyakit yang berhubungan dengan pencernaan.
  4. Mempraktekkan kebiasaan hidup sehat untuk menjaga kesehatan alat pencernaan
  5. Mengidentifikasi macam zat gizi makanan
  6. Mengidentifikasi makanan bergizi dan menyimpulkan bahwa makanan yang bergizi dengan jumlah dan susunan menu seimbang menjadikan tubuh sehat.
  7. Mempraktekkan cara-cara mengolah bahan makanan dengan tetap mempertahankan nilai gizinya.
Tujuan Pembelajaran :
  1. Melalui presentasi dengan alat peraga siswa dapat mengidentifikasi alat pencernaan manusia dengan benar
  2. Melalui proyek Puzzle dan surat misteri siswa dapat Menjelaskan tugas dari alat pencernaan dengan benar
  3. Melalui tayangan animasi siswa dapat menjelaskan perbedaan pencernaan kimiawi dan mekanik dengan benar.
  4. Melalui tayangan video siswa dapat mencari informasi tentang penyakit yang menyerang organ pencernaan dengan tepat.
  5. Melalui tayangan video Siswa dapat Menyebutkan gangguan pada alat pencernaan makanan yang berhubung-an dengan makanan dan tata cara makanan
  6. Melalui Tanya jawab siswa dapat Memahami fungsi dari zat gizi, kandungan zat gizi dalam makanan
  7. Melalui Diskusi kelompok Siswa dapat Memahami fungsi dari kar-bohidrat, protein, lemak, air, mineral dan protein serta menyebutkan sumbernya
  8. Melalui Diskusi kelompok Siswa dapat Memahami menu makanan yang bergizi seimbang (empat sehat lima sempurna)
  9. Melalui kerja kelompok siswa dapat Memahami cara mengolah bahan makanan dengan benar.

 Materi

Setiap hari kita makan dan sebelum makan kita akan melihat dulu makanannya, kemudian mencium aroma dan mencicipinya. Sebelum makanan yang kita makan dapat dimanfaatkan oleh tubuh, maka harus melewati proses pencernaan terlebih dahulu. Pencernaan adalah proses melumatkan makanan yang semula kasar menjadi halus. Makanan yang sudah dicerna, telah diubah menjadi sari makanan dalam bentuk yang lebih halus sehingga mudah diserap oleh pembuluh darah. Kemudia oleh darah, Sari makanan tersebut diedarkan keseluruh bagian tubuh.

Ada dua jenis proses pencernaan makanan dalam tubuh

1.      Pencernaan Makanan Secara Mekanis

Pencernaan makanan secara mekanis terjadi di dalam mulut. Makanan dilumatkan oleh gigi. Makanan yang sudah hancur mudah untuk di telan.

2.      Pencernaan Makanan Secara Kimiawi

Pencernaan makanan secara kimia dilakukan oleh enzim, yang berlangsung didalam mulut, lambung dan usus. Tujuan pencernaan dengan bantuan enzim adalah mengubah zat – zat makanan sehingga mudah diserap tubuh.

Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

Aktivitas

ALUR PERTEMUAN KE-5

ALOKASI WAKTU = 70 menit

Judul: Alien ingin tahu Organ Pencernaanku

PROSEDUR AKTIVITAS

WKT

KETERANGAN

1. Gurubertanya tentang kabar siswanya dengan cara yang unik dan spesial.
 

5’

  • PENDAHULUAN
  • APERSEPSI
  • ALPA ZONA
2. Guru melakukan ALPHA ZONA, dengan bercerita lucu.
 

5’=10’

  • PENDAHULUAN
  • APERSEPSI
  • ALPA ZONA
3.    Bercerita tentang makhluk angkasa luar yang mengunjungi bumi.
Guru bercerita tentang makhluk angkasa luar yang mengunjungi bumi dengan maksud ingin mempelajari organ pencernaan manusia

Siswa diminta mengamati tubuhnya sendiri dan tubuh temannya, terutama organ pencernaan yang ada di dalam tubuhnya.

Apakah ada bagian tubuh yang sama dan berbeda?

Guru meminta siswa bertanya tentang organ pencernaan

Setelah itu siswa-siswa diminta meyambut kedatangan Alien dengan bertepuk tangan. (Guru menunjukkan foto alien).

 

5’=15’

  • INTI
  • EKSPLORASI
  • APERSEPSI
  • SCENE SETTING
  • SCIENTIFIC APPROACH (MENGAMATI DAN BERTANYA)
4.    Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menyambut Alien yang akan turun dari pesawat. Guru atau siswa dapat berperan menjadi Alien. Lalu ketika Alien turun dari pesawat setiap kelompok menyambutnya dengan menyalaminya.

5’=20’

  •  
5.    Siswa mendengarkan guru yang menjelaskan bagian-bagian organ pencernaan. Siswa mengamati lembar pengamatan pada buku paket Erlangga.
 

10’=30’

  •  
6.    Siswa diminta berhadap-hadapan dan saling menjelaskan anggota organ pencernaan berdasarkan lembar bagian-bagian organ pencernaan. Jika sudah lancar, satu persatu siswa harus mempresentasikan kepada Alien agar mengerti.
 

Guru mengambil penilaian aktivitas siswa ini dengan menggunakan rubrik penilaian presentasi.

 

10’=40

  • ELABORASI
  • SCIENTIFIC APPROACH (PRESENTASI)
7.    Alien sangat puas sudah mengetahui organ-organ pencernaan. Sebelum kembali ke planet asalnya. Guru meminta kepada semua siswa untuk memberi hadiah Alien dengan permainan ‘Guru Berkata’. Guru memimpin permainannya dan juga dilakukan bersama-sama Alien.

5’=45’

  •  
8.    Setelah Alien pulang kembali ke planet asalnya, guru melakukan tanya jawab kepada siswa tentang materi hari ini. Meliputi kemampuan:

  • Menunjukkan bagian-bagian organ pencernaan

 

10’=55

  • INTI
  • KONFIRMASI

 

9.    Guru menutup materi dengan memberi kesimpulan tentang Allah adalah pencipta manusia beserta anggota-anggota tubuhnya yang sempurna.
 

5’=60

  • PENUTUP
  • KESIMPULAN/
  • CERITA HIKMAH

 

10. Guru memberikan proyek kepada siswa untuk belajar di rumah yaitu mencari tau fungsi masing-masing organ penceraan. Mungkin bisa degan bertanya kepada semua anggota keluarga di rumah. 

5’=65

  • PENUTUP
  • PROYEK
11. Guru memberi apresiasi kepada semua siswa untuk pelajaran hari ini, minimal dengan pujian sudah mau kerja sama. 

5’=70

  • PENUTUP
  • APRESIASI

Teaching Aid:

  • Topeng Alien
  • Beberapa Gambar organ pencernaan
  • Patung organ manusia

Sumber Belajar:

  • Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas V
  • Internet

Komentar Guru

PEMBELAJARAN 1:

  1. Masalah …
  1. Ide baru …
  1. Momen Spesial ..

About mrwahid

I'm a Teacher in SDIT Islamia

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Mr.Wahid

Pengunjung Online

”amung

Statistik

Alexa Certified Traffic Ranking for mrwahid.worpress.com
Banner 250x250 pxl

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 39 other followers

@My Tweett

Sepercik Embun Hidayah

Setiap penulis akan meninggal. Hanya tulisannya yang akan kekal sepanjang masa. Maka tulislah tulisan yang akan membuatmu bahagia di hari kiamat.

Yusron Fauzi

Pembelajar yang Tak Pernah Pintar

Blog Pendidik

@dwitagama: karakter tumbuh dari pembiasaan

Creative Learner

Learning, Teaching and Story Telling

Catatan wisha

untuk sahabat yang ingin berbagi

Swim to my words... Swim to my world...

Love the life you live... Live the life you love...

SUZIE ICUS PERSONAL BLOG

Education is not preparation for life; education is life itself - John Dewey

mulyana kuningan asri

tak pernah berhenti belajar

Blog Guru Kreatif

Praktisi pelatihan guru dan konsultan manajemen sekolah

kangdidisuradi

siswa yang berkarakter dimulai dari guru yang berkarakter

arebyne

Never Old to Learn

Nunung Nuraida

merekam asa, rasa dan cerita

Myblog.Ies-is

Ikhlas dengan takdirmu..,karena..,Ikhlas itu seperti dalam surat Al Ikhlas

%d bloggers like this: