//
anda sedang membaca...
Catatan Harian, Catatan Workshop

Catatan Workshop Kurikulum 2013 Bagian II

Bergaya bersama Pak Iswoyo

Schedule atau rundown acara yang saya dapat di hari pertama workshop ini lebih menekankan kepada perkenalan dan asal muasal mengapa Kurikulum 2013 diterapkan. Materi di sampaikan oleh Pak Iswoyo, seorang trainer handal yang sudah memiliki banyak jam terbang dalam mentrainer guru di berbagai daerah di Indonesia. Beliau sungguh apik dalam membawakan materi, kami para peserta dibuat seolah-olah mengalir dan terasa waktu berlalu begitu cepat, berbagai metode ice breaker beliau terapkan, para peserta dilibatkan untuk aktif bertanya, menjawab, memberikan pendapat, sehingga suasana tidak boring tetapi cukup menyenangkan.

Inilah Roundown acara workshop selama 3 hari :

Rundown Acara:
Jum’at, 30 Agustus 2013
08.30-09.00 Registrasi
09.00-10.00 MateriI :FAQ (Frequently Asked Questions)/ Tanya Jawab tentang Kurikulum 2013
10.00-10.30 Coffee Break
10.30-11.30 Materi II : Mengenal lebih dalam Kurikulum 2013 : Rasional, Elemen Perubahan dan Strategi Implementasi
11.30-13.30 Sholat Jum’at dan Istirahat
13.30-16.00 Materi III : Simulasi Pendekatan Sainstifik, Konsep Pembelajaran Tematik Terpadu, dan Analisis Video Pembelajaran Tematik Terpadu

Opening :

Materi di mulai dengan perkenalan, Pak Is selalu menyatakan dalam setiap trainingnya bahwa dulu beliau adalah trainer dengan bayaran 2M atau Makasih Mas alias bayar sukarela atau seringkali tidak dibayar. Niat untuk berbagi dan mengembangkan kualitas guru Indonesia itulah yang mengantarkan beliau saat ini menjadi trainer handal.

Dinamika Kelompok

Setelah memperkenalkan diri, materi di buka dengan dinamika kelompok, setiap peserta diberikan kesempatan untuk berkelompok, setiap kelompok harus memiliki dasar mengapa mereka menjadi satu kelompok. Kemudian secara langsung peserta diperintahkan untuk mengacungkan tangan kanannya, setelah itu arahkan kepada siapa yang menurut mereka pantas menjadi ketua di kelompoknya masing-masing. Al hasil, teman-teman satu kelompok saya semua menunjuk saya sebagai ketua kelompok.

Memberi nama kelompok

Dalam memberikan nama setiap kelompok Pak Is memiliki cara yang unik, yaitu setiap kelompok diperintahkan mencari nama kelompok yang terkesan lucu untuk diberikan kepada kelompok yang ada disebelahnya. Lahirlah nama-nama kelompok seperti : Kel. Unyu-unyu, Kel. Doraemon, Kel. Nobita, Kel. Kepo Beud dll.

Mendesign Pohon Harapan

Setiap kelompok difasilitasai dengan satu buah karton berukuran cukup besar, 1 paket spidol warna, 1 gunting dan 1 double tip. Kemudian di berikan waktu untuk menggambar sebuah pohon di atas karton putih, lalu setiap peserrta menambahkan gambar tersebut dengan menuliskan harapan, atau tujuan yang hendak dicapai dalam mengikuti workshop ini. Saya pun menulis beberapa harapan yang diikuti oleh teman-teman lain, setelah selesai kami diperintahkan untuk menempelkan karton  di tempat yang telah di sediakan.

Membuat Pertanyaan

Setiap peserta di dalam kelompok di berikan kesempatan untuk menuliskan 2 pertanyaan yang berkaitan dengan kurikulum 2013, saya pun menuliskan 2 pertanyaan yang sudah saya siapkan sebelumnya. Kemudian setiap kelompok diberikan waktu untuk berdiskusi kemudian menentukan pilihan pertanyaan apa saja yang urgent dan harus di jelaskan sekarang. Setiap kelompok di berikan kesempatan memilih 2 pertanyaan dari semua pertanyaan setiap anggota kelompok yang ada.

Dari hasil pertanyaan yang di hasilkan setiap kelompok pertanyaan yang banyak di lontarkan adalah bagaimana system penilaian dalam kurikulum 2013, misalnya apakah masih di adakan ujian nasional. Kemudian ada juga yang bertanya bagaimana penerapan kurikum 2013 bagi sekolah yang berbasis full day dan minggu efektifnya hanya 5 hari Senin s.d. Jum’at.

Kemudian informasi mengenai latar belakang pemerintah merubah kurikulum 2013 ternyata memang melalui proses yang panjang dan melibatkan beberapa tim ahli, dalam hal ini pemerintah membuat tim independen yang terdiri dari praktisi pendidikan yang kepakaran sudah tidak diragukan lagi, seperti Anis Baswedan, Munif Chatib, dll. Maka lahirlah kurikulum 2013 ini yang jika kita telaah lebih dalam khususnya di tingkat dasar kurikulum ini secara teori akan meringankan beban anak-anak kita. Karena mereka tidak lagi di sibukkan dengan banyaknya mata pelajaran, apalagi mereka yang di sekolah yang memiliki ciri khusus dengan penambahan mata pelajaran seperti halnya di Madrasah di Sekolah Terpadu. Dalam kurikulum 2013 mata pelajaran wajib pemerintah di jadikan satu dan diikat dalam sebuah tema pembelajaran. Selanjutnya pembelajaran lebih menekankan kepada aspek Afektif dan karakter.

Jika di analogikan perbedaan KTSP dengan kurikulum 2013, bisa kita lihat dari gambar di bawah ini :

es-buah-selasih

Es Buah, masih tampak jelas jenis-jenis buahnya

Mix Juice, sudah tidak tampak jenis buah apa saja di dalamnya.

Mix Juice, sudah tidak tampak jenis buah apa saja di dalamnya.

Dari analogi di atas tampak jelas bahwa kurikulum 2013 di tingkat SD akan lebih humanis, sekolah-sekolah akan menjadi sekolahnya manusia. Itu secara teori, semua itu dapat di wujudkan hanya dengan peran sentral yang memiliki kemauan untuk terus belajar. Peran sentral itu ada pada guru selaku fasilitator di kelas. Karena kurikulum ini mengajak guru untuk meninggalkan metode kuno dalam pembelajaran yaitu metode ceramah. Kurikulum 2013 menuntut guru untuk melakukan pendekatan sainstific dalam setiap pembelajaran.

Saya akan memberikan catatan khusus tentang pendekatan tersebut di tulisan berikutnya.

Semoga bermanfaat.

About mrwahid

I'm a Teacher in SDIT Islamia

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Mr.Wahid

Pengunjung Online

”amung

Statistik

Alexa Certified Traffic Ranking for mrwahid.worpress.com
Banner 250x250 pxl

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 39 other followers

@My Tweett

Sepercik Embun Hidayah

Setiap penulis akan meninggal. Hanya tulisannya yang akan kekal sepanjang masa. Maka tulislah tulisan yang akan membuatmu bahagia di hari kiamat.

Yusron Fauzi

Pembelajar yang Tak Pernah Pintar

Blog Pendidik

@dwitagama: Karakter tumbuh dari pembiasaan

Creative Learner

Learning, Teaching and Story Telling

Catatan wisha

untuk sahabat yang ingin berbagi

Swim to my words... Swim to my world...

Love the life you live... Live the life you love...

SUZIE ICUS PERSONAL BLOG

Education is not preparation for life; education is life itself - John Dewey

mulyana kuningan asri

tak pernah berhenti belajar

Blog Guru Kreatif

Mitra dalam wujudkan sekolah yang efektif dan guru yang profesional

kangdidisuradi

siswa yang berkarakter dimulai dari guru yang berkarakter

arebyne

Never Old to Learn

Nunung Nuraida

merekam asa, rasa dan cerita

Myblog.Ies-is

Ikhlas dengan takdirmu..,karena..,Ikhlas itu seperti dalam surat Al Ikhlas

%d bloggers like this: