//
anda sedang membaca...
Catatan Harian, Catatan Workshop

Workshop Kurikulum 2013 di Lazuardi Next Training and Consulting Bagian I

pak munifMisterwahid.com, Jum’at 30 Agustus 2013 Alhamdulillah saya mendapat kesempatan untuk ikut ambil bagian dalam Workshop Kurikulum 2013 yang di adakan oleh Lazuardi Next Training and Consulting pimpinan Pak Munif Chatib. Workshop ini memang diadakan untuk menjawab semua permasalahan yang dialami sekolah tentang penerapan Kurikulum 2013 yang terkesan dadakan ini.

Saya pribadi pun masih awam dan masih meraba-raba tentang Kurikulum 2013 ini, hanya sekedar mengetahui dari internet, dan acara sosialisasi yang diadakan di sekolah. Namun, itu semua tidak mampu mengobati kebingungan saya dan juga teman-teman guru sasaran di sekolah kami.

Karena sekolah tempat saya bertugas menjadi sekolah percontohan atau sekolah yang ditunjuk dalam penerapan kurikulum 2013 di kelas 1 dan 4. Mau tidak mau kami semua harus siap dan harus belajar dengan cepat agar penerapan dan percontohan ini berhasil dengan baik.

Namun permasalahannya adalah ketika guru-guru sasaran atau guru-guru kami yang di tunjuk sebagai guru yang akan mengajar di kelas I dan 4 di undang ke bandung untuk workshop selama 5 hari merasa tidak puas dengan kualitas Guru inti yang ditugaskan menjadi trainer nasional untuk melatih mereka.Hal ini sudah banyak menjadi kritikan dan bahkan menjadi isu yang hangat di berbagai media terutama blog-blog guru. Mereka semua menyayangkan kualitas guru inti yang tidak layak.

Mungkin analisa sederhanya hal ini sebabkan  karena waktu yang sangat singkat dalam melatih guru inti kemudian mereka langsung ditugaskan mentransfer ilmu yang masih sedikit tadi untuk diajarkan kepada guru-guru sasaran di tiap-tiap daerah.

Itulah sebagian permasalah awal yang di hadapi kami dalam penerapan kurikulum 2013, kita bias bayagkan pelatihan yang hanya 5 hari bagi guru sasaran ditambah lagi kualitas guru inti yang rendah, sementara Kurikulum 2013 ini harus tetap  berjalan dengan serba keterbatasan.

Inilah yang mendorong Kepala sekolah mendelegasikan saya untuk mencari  jawaban dari permasalahan-permasalahan yang ada dalam Workshop Kurikulum 2013, yang tentunya trainer di workshop ini lebih berbobot karena mereka (Pak Munif dan Pak Iswoyo) masuk dalam tim penulis dan pengembang kurikulum 2013.

Dalam mengikuti workshop ini saya membawa beberapa pertanyaan dengan harapan setelah selesai saya mempunyai jawaban dan bisa memberikan penjelasan kepada guru-guru sasaran yang ada di sekolah kami. Permasalahan ini saya kumpulkan dari tim guru kelas 1 dan kelas 4 :

  1. Penilaian yang dilakukan setiap pertemuan, bagaimana cara memberikan penilaian jika kegiatan yang ada di setiap pertemuan tidak tercapai ?
  2. Bagaimana cara mengakumulasi semua nilai untuk penilaian akhir ? bagaimana pembakuan format nilai ?
  3. Bagaimana cara memenuhi materi bagi anak yang absen selama beberapa hari ?
  4. Dalam kurikulum 2013 masihkah guru diwajibkan membuat program tahunan, program semester, dan Kriteria Ketuntasan Minimal ? Jika ada, formatnya seperti apa ?
  5. Bagaimana bentuk evaluasinya ? dan bagaimana bentuk soalnya ?

Semoga di workshop ini saya akan mendapatkan jawabannya. Saya akan bagikan catatan dari workshop ini selama 3 hari berturut-turut dalam blog ini dan personal web saya di misterwahid.com

About mrwahid

I'm a Teacher in SDIT Islamia

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Mr.Wahid

Pengunjung Online

”amung

Statistik

Alexa Certified Traffic Ranking for mrwahid.worpress.com
Banner 250x250 pxl

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 39 other followers

@My Tweett

Sepercik Embun Hidayah

Setiap penulis akan meninggal. Hanya tulisannya yang akan kekal sepanjang masa. Maka tulislah tulisan yang akan membuatmu bahagia di hari kiamat.

Yusron Fauzi

Pembelajar yang Tak Pernah Pintar

Blog Pendidik

@dwitagama: karakter tumbuh dari pembiasaan

Creative Learner

Learning, Teaching and Story Telling

Catatan wisha

untuk sahabat yang ingin berbagi

Swim to my words... Swim to my world...

Love the life you live... Live the life you love...

SUZIE ICUS PERSONAL BLOG

Education is not preparation for life; education is life itself - John Dewey

mulyana kuningan asri

tak pernah berhenti belajar

Blog Guru Kreatif

Praktisi pelatihan guru dan konsultan manajemen sekolah

kangdidisuradi

siswa yang berkarakter dimulai dari guru yang berkarakter

arebyne

Never Old to Learn

Nunung Nuraida

merekam asa, rasa dan cerita

Myblog.Ies-is

Ikhlas dengan takdirmu..,karena..,Ikhlas itu seperti dalam surat Al Ikhlas

%d bloggers like this: