//
anda sedang membaca...
Catatan Harian

Ayo Para Guru Pahami Kehebatan Otak Siswa

Dalam tulisan sebelumnya saya pernah mengulas tentang pentingnya guru memahami teori tentang otak manusia. Ternyata apa yang saya tuliskan diulas lebih detail di sebuah buku yang berjudul “Tidak ada murid yang bodoh”. Kemudian saya mencoba membuat tes sederhana kepada rekan-rekan guru kami tentang sejauh mana mereka memahami tentang teori otak manusia. Ternyata dari 30 orang rekan guru kami tidak ada yang satupun yang mampu menyelesaikan tes tersebut. Ini membuktikan bahwa masih banyak guru yang belum memahami tentang otak manusia, atau mereka yang masih menganggap pengetahuan ini tidaklah penting.

Untuk itu saya mengajak rekan-rekan guru untuk sama-sama belajar dan mencari ilmu tentang teori otak manusia, terutama bagaimana otak kita bekerja mengolah dan menyimpan informasi. Untuk ini kita tidak harus mengikuti pelatihan, tetapi cukup mencarinya di internet. Karena sudah banyak tulisan ataupun artikel yang membahas tentang teori otak ini.

Mengapa pengetahuan tentang hal ini cukup penting bagi seorang guru ? Karena memang tugas pokok kita sangat berkaitan dengan proses pengolahan dan penyimpanan informasi khususnya bagi peserta didik kita. Jika kita mengabaikan pengetahuan akan hal ini, maka kita akan dengan mudahnya mencap seorang anak dengan kata-kata bodoh.

Pengatahun tentang otak manusia kita mulai dengan mempelajari bagian-bagian yang tedapat dalam otak kita, karena ternyata setiap bagian dalam otak kita mempunyai fungsi yang berbeda dan masing-masing berperan sangat penting dalam proses penerimaan dan penyimpanan informasi. Bagian otak kita tampak seperti gambar di bawah ini :

otakDari gambar di atas dapat kita telusuri bagaimana para ahli menyingkap misteri bagian tubuh yang hanya seberat 1,5 kg ini-namun sangat vital bagi kehidupan manusia. Para ahli yang sudah menyingkap tabir kekuatan otak manusia sudah cukup banyak dan masing-masing memiliki temuan yang berbeda, secara garis besar para ahli tersebut antara lain :

  • Paul D. Maclean, otak menurutnya terdiri dari tiga bagian (the triune brain)
  • Pembagian otak menjadi dua belahan, otak kanan dan otak kiri, oleh Roger Sperry.
  • Pembagian otak menjahi 4 kuadran, oleh Ned Hermann.

Menurut Paul Maclean otak manusia mempunyai tiga bagian dasar : (1) batang otak atau sering disebut “otak reptil”. (2) sistem limbik atau “otak mamalia”, dan (3) neokorteks. Ketiganya disebut “triune brain” (satu kepala tiga macam otak-three in one), dan masing-masing bagian memiliki fungsi yang berbeda-beda.

triune-brain

Secara umum fungsi ketiga bagian otak ini adalah : (1) otak reptil merupakan pusat perilaku inderawi dan naluriah untuk mempertahankan diri, khususnya dalam keadaan tertekan dan menghadapi bahaya. Artinya otak ini akan aktif ketika siswa belajar dalam keadaan tertekan dan hasil belajarnya akan bersifat sementara. (2) Limbik atau otak mamalia, ada  yang menyebut juga dengan otak tengah karena letaknya persis di tengah. Di bagian otak inilah emosi berada. OTak ini akan aktif jika pengalaman belajar yang positif dan menyenangkan dihidupkan, hasilnya proses belajar akan berlangsung penuh semangat dan daya kreatif dan juga lebih melekat dalam jangka panjang. (3) Neokorteks, disbut juga otak belajar, otak berpikir, otak bagian atas. Dari sinilah manusia bisa berbahasa, berpikir abstrak, berpikir secara sadar, merencanakan masa depan, dan memecahkan masalah. Tiga bagian otak ini saling berhubungan dan saling memperkuat. Pembelajaran bisa optimal jika ketiganya dilibatkan.

About mrwahid

I'm a Teacher in SDIT Islamia

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Mr.Wahid

Pengunjung Online

”amung

Statistik

Alexa Certified Traffic Ranking for mrwahid.worpress.com
Banner 250x250 pxl

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 39 other followers

@My Tweett

Sepercik Embun Hidayah

Setiap penulis akan meninggal. Hanya tulisannya yang akan kekal sepanjang masa. Maka tulislah tulisan yang akan membuatmu bahagia di hari kiamat.

Yusron Fauzi

Pembelajar yang Tak Pernah Pintar

Blog Pendidik

@dwitagama: Karakter tumbuh dari pembiasaan

Creative Learner

Learning, Teaching and Story Telling

Catatan wisha

untuk sahabat yang ingin berbagi

Swim to my words... Swim to my world...

Love the life you live... Live the life you love...

SUZIE ICUS PERSONAL BLOG

Education is not preparation for life; education is life itself - John Dewey

mulyana kuningan asri

tak pernah berhenti belajar

Blog Guru Kreatif

Mitra dalam wujudkan sekolah yang efektif dan guru yang profesional

kangdidisuradi

siswa yang berkarakter dimulai dari guru yang berkarakter

arebyne

Never Old to Learn

Nunung Nuraida

merekam asa, rasa dan cerita

Myblog.Ies-is

Ikhlas dengan takdirmu..,karena..,Ikhlas itu seperti dalam surat Al Ikhlas

%d bloggers like this: