//
anda sedang membaca...
Catatan Harian

Belajar dari SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta

Sabtu 23 Maret 2013 Alhamdulillah saya beserta teman-teman bisa mengunjungi SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta dalam rangka program studi banding Yayasan Insania Islamia. Program ini di harapkan bisa meningkatkan kinerja sekolah dan profesionalitas guru.

sapen

Studi banding adalah salah satu cara efektif falam rangka meningkatkan mutu sekolah dengan cara belajar dari sekolah yang tentunya lebih maju, dan lebih berpengalaman. SDM Sapen Yogyakarta adalah salah satu sekolah unggulan dan sudah menjadi rujukan bagi sekolah-sekolah lain dalam melakukan studi banding. Sekolah yang berdiri sejak tahun 1967 ini sudah banyak mengukir prestasi baik nasional sampai international. Tentunya kami ingin sekali belajar dari mereka, karena itulah tujuan utama kami datang jauh-jauh dari bekasi.

Perjalanan ke sana cukup menguras energi kami karena harus berjam-jam menempuh perjalanan dan harus bermalam di dalam bus karena kami berangkat sore hari agar sampai di sana pagi hari dan bisa langsung mengamati aktifitas guru dan siswa di SD Muhammadiyah Sapen. Karena ada kendala dari bus yang datang terlambat, dan juga jalan yang macet, akhirnya kami berangkat tidak sesuai schedule awal. Sehingga kami baru tiba di SD Muhammadiyah Sapen pukul 10 pagi.

Tiba di SDM Sapen kami langsung di sambut oleh guru=guru dan staf di sana, kemudian kami langsung di arahkan untuk melihat beberapa sarana, prasarana, dan kegiatan yang sedang berlangsung pada hari itu. Kami di temani oleh pak Arif berkeliling. Namun karena saat itu sedang berlangsung ujian sekolah kelas VI dan ada juga kegiatan psikotes yang memang rutin mereka lakukan di hari sabtu kami langsung diarahkan ke perpustakaan sekolah yang terletak di gedung sebelahnya.

Banyak pertanyaan yang dilontarkan teman teman tentang sapen, yang semua pertanyaan itu telah disiapkan sebelumnya. Namun, dari sekian banyak program unggulan Sapen yang paling menarik bagi kami untuk di pelajari adalah keberhasilan SD Sapen dalam mengembangkan inovasi program sekolah berupa pembagian atau pengelompokan kelas. Ada 4 program yang ada di SD Sapen diantaranya adalah : Program SBI, Program CI MIPA (Cerdas Istimewa Matematika dan IPA), Program akselerasi, dan Program atau kelas reguler.

Selain program unggulan diatas ternyata cukup banyak kegiatan-kegiatan penunjang yang diterapkan di SD Sapen yang semua itu menjadi catatan bagi kami untuk dipelajari lebih lanjut dan tentunya kami bawa sebagai oleh-oleh sebagai hasil dari studi banding. Salah satunya kegiatan penunjang yang ada di sana adalah Bimbingan Psikolog dan tes psikologi yang rutin dilakukan setiap Sabtu dan Kamis.

Selanjutnya kami diajak untuk sharing lebih jauh tentang Sapen di dalam perpustakaan. di sinilah kami diajak untuk mengenal lebih dekat tentang SD Muhammadiyah Sapen oleh Kepala sekolah yang mempresentasikan Sapen mulai dari sejarah berdirinya sampai rahasia sukses yang membuat sekolah ini menjadi berhasil dan menjadi cukup terkenal sampai ke mancanegara. Dalam presentasinya kepala sekolah mengatakan Sapen bisa menjadi besar sekarang karena melalui proses yang panjang, perjuangan para pendiri, dan kesabaran mereka dalam berjuanglah yang menjadi moda dasar keberhasilan Sapen saat ini.

102_0001

Salah satu kunci keberhasilan sapen adalah ada pada kualitas para pendiri dan juga para gurunya. Mereka semua mampu menerapkan prinsip ikhlas dalam bekerja dan mendidik, mereka meyakini bahwa mereka tidak hanya bekerja untuk materi semata tetapi juga berjihad mencetak generasi muslim sejati. Yang membuat kami terinpirasi dari para guru di sana adalah kedisiplinan dan juga semangat untuk meraih prestasi. Hampir seluruh guru-guru disana adalah guru-guru yang memiliki prestasi baik tingkat nasional maupun international. Mereka berprinsip malu jika tidak punya prestasi. Karena apa yang bisa dibanggakan di depan siswa jika guru tidak memiliki prestasi.

Banyak sekali pelajaran berharga yang kami dapat dari hasil kunjungan ini, semoga ini membawa dampak positif untuk kemajuan sekolah kami, SDIT Islamia. Akhirnya saya dan juga teman-teman mengucapkan terima kasih kepada SD Muhammadiyah Sapen yang telah bersedia berbagi ilmu kepada kami.

About mrwahid

I'm a Teacher in SDIT Islamia

Discussion

One thought on “Belajar dari SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta

  1. sekolahanya mantapp

    Alhamdulillah SD kami akan mdpt kesempatan Magang dsna

    Posted by khoirul | May 22, 2013, 2:30 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Mr.Wahid

Pengunjung Online

”amung

Statistik

Alexa Certified Traffic Ranking for mrwahid.worpress.com
Banner 250x250 pxl

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 39 other followers

@My Tweett

Sepercik Embun Hidayah

Setiap penulis akan meninggal. Hanya tulisannya yang akan kekal sepanjang masa. Maka tulislah tulisan yang akan membuatmu bahagia di hari kiamat.

Yusron Fauzi

Pembelajar yang Tak Pernah Pintar

Blog Pendidik

@dwitagama: karakter tumbuh dari pembiasaan

Creative Learner

Learning, Teaching and Story Telling

Catatan wisha

untuk sahabat yang ingin berbagi

Swim to my words... Swim to my world...

Love the life you live... Live the life you love...

SUZIE ICUS PERSONAL BLOG

Education is not preparation for life; education is life itself - John Dewey

mulyana kuningan asri

tak pernah berhenti belajar

Blog Guru Kreatif

Praktisi pelatihan guru dan konsultan manajemen sekolah

kangdidisuradi

siswa yang berkarakter dimulai dari guru yang berkarakter

arebyne

Never Old to Learn

Nunung Nuraida

merekam asa, rasa dan cerita

Myblog.Ies-is

Ikhlas dengan takdirmu..,karena..,Ikhlas itu seperti dalam surat Al Ikhlas

%d bloggers like this: