//
anda sedang membaca...
Catatan Harian

Ga Mau Belajar ? Berhentilah Mengajar.

Kenapa ya guru-guru kita tuh sangat sulit di ajak belajar ?

Padahal guru kan pasti sering kali menyuruh anak didiknya belajar, tetapi ia sendiri enggan belajar. Mungkin masih ada dalam benak mereka toh mereka sudah berpengalaman, jadi ga perlu belajar, ada juga yang beranggapan secerdas apapun murid tidak mungkin menglahkan gurunya.

Sudah berapa lama kita menjadi guru ? 5 tahun, 10 tahun atau 20 tahun.

Seharusnya semakin banyak jam terbang kita sebagai seorang guru, semakin bertambah pula keilmuan kita dalam mengajar, mendidik. Lantas selama bertahun-tahun mengajar sudahkah kita memiliki banyak strategi, metode – metode pangajaran dan karya-karya ilmiah yang semua itu tentu akan berguna sekali untuk penerus kita.

Maukah selama bertahun-tahun kita hanya menjadi seorang guru ?

Pendapatan seorang guru di Indonesia masih sangat kecil, lantas bagaimana kita bisa hidup berkecukupan ? Biasanya para guru mencari tambahan lain dengan berbisnis di luar jam kerjanya sebagai guru. Selama itu tidak mengganggu tanggung jawabnya, no problem.

Seorang guru seharusnya memiliki Visi dan Misi yang jelas terhadap hidupnya, maukah kita terus menerus di ibaratkan sebuah Lilin, yang terus menerangi namun dirinya sendiri habis terbakar. Atau kita terprovokasi dengan sindiran “Kalo mau kaya jangan menjadi guru”, lantas guru pasrah pada kehidupannya ?

Pemerintah sudah berusaha menaikkan derajat seorang guru dengan adanya sertifikasi. Namun anehnya kenapa banyak guru mengejar sertifikasi hanya berorientasi pada materi semata ? Seaharusnya sertifikasi justru mendorong minat guru tersebut untuk meningkatkan profesionalitasnya, keilmuannya, dengan banyak belajar.

Guru-guru yang dicari para siswanya jaman sekarang adalah guru-guru yang tanggap pada perkembangan zaman dan keilmuan yang diajarnya. Peka pada isu sosial dan lingkungan namun punya prinsip yang kokoh sehingga tegar dalam toleransi terhadap perbedaan.
Singkatnya amat jelas, guru harus mutakhir dalam keilmuan.

Banyak guru yang malas belajar, karena alasan tak punya waktu, sibuk, lelah dan merasa tak perlu nambah ilmu. Padahal cara belajar bagi seorang guru sangat beragam dan tidak sulit seperti bayangannya. Ada cara, ada startegi, dan banyak tips yang bisa dijalankan.
Seorang guru ketika berproses untuk belajar lagi pun tak perlu demonstratif. Sebab belajar bukan ‘riya’. Setiap saat bisa belajar, setiap waktu dapat menambah ilmu. Setiap kejadian adalah pelajaran.

Belajar-nya guru mensyaratkan beberapa hal penting, misalnya: Jangan gengsi! Di sekitar guru setiap hari ada anak-anak bangsa. Murid adalah salah satu sumber ilmu yang penting. Jika mereka mengoreksi kita, sebagai yang dewasa, kita harus mampu untuk melihat pesannya terlebih dahulu ketimbang cara mereka dalam menyampaikan pesan. Sekalipun caranya tak sopan, terimalah saran perbaikan yang datang walau bentuknya melukai hati.

Murid-murid yang berani, cerdas, kritis adalah ladang belajar buat guru. Setiap hari guru bersama mereka. Selalu belajar dapat benar-benar berarti setiap hari belajar. Ya belajar seperti anak muridnya. Mendalami kembali teori, melatih cara penyampaian, mengerjakan soal-soal, memeriksa kembali dari berbagai sumber yang fasih, dan menyiapkan bahan ajar dengan kata-kata paling sederhana dan alat dukung yang paling optimal.

Selalu belajar juga berarti pikiran serta hati yang terbuka: waspada terhadap kesalahan diri dan mau menerima hal-hal baru (walau tidak harus selalu setuju). Bersedia menerima kritik dan mau serta mampu mengevaluasi diri untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik setiap hari.

About mrwahid

I'm a Teacher in SDIT Islamia

Discussion

2 thoughts on “Ga Mau Belajar ? Berhentilah Mengajar.

  1. Bagus pak, artikelnya….pencerahan buat saya, salam kenal dari palangka raya🙂

    Posted by guruproduktif | January 12, 2013, 3:48 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Mr.Wahid

Pengunjung Online

”amung

Statistik

Alexa Certified Traffic Ranking for mrwahid.worpress.com
Banner 250x250 pxl

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 39 other followers

@My Tweett

Sepercik Embun Hidayah

Setiap penulis akan meninggal. Hanya tulisannya yang akan kekal sepanjang masa. Maka tulislah tulisan yang akan membuatmu bahagia di hari kiamat.

Yusron Fauzi

Pembelajar yang Tak Pernah Pintar

Blog Pendidik

@dwitagama: karakter tumbuh dari pembiasaan

Creative Learner

Learning, Teaching and Story Telling

Catatan wisha

untuk sahabat yang ingin berbagi

Swim to my words... Swim to my world...

Love the life you live... Live the life you love...

SUZIE ICUS PERSONAL BLOG

Education is not preparation for life; education is life itself - John Dewey

mulyana kuningan asri

tak pernah berhenti belajar

Blog Guru Kreatif

Praktisi pelatihan guru dan konsultan manajemen sekolah

kangdidisuradi

siswa yang berkarakter dimulai dari guru yang berkarakter

arebyne

Never Old to Learn

Nunung Nuraida

merekam asa, rasa dan cerita

Myblog.Ies-is

Ikhlas dengan takdirmu..,karena..,Ikhlas itu seperti dalam surat Al Ikhlas

%d bloggers like this: