Quality Assurance At School

IMG_20121124_153908

Sabtu, 24 Nopember 2012 saya berkesempatan menghadiri seminar yang bertajuk Quality Assurance At School, seminar ini diselenggarakan di SDIT Nurul Fajri CIkarang Barat, oleh JSIT Kab.Bekasi dalam rangka upaya meningkatkan mutu sekolah-sekolah Islam Terpadu. Alhamdulillah banyak ilmu yang saya dapatkan dari seminar ini, dan tulisan ini adalah hasil catatan saya selama mengikuti seminar.

Jika kita mengikuti perkembangan dunia pendidikan di tanah air, mungkin banyak sekali yang harus kita benahi, apalagi jika kita melihat fakta dari berbagai hasil penelitian yang selalu menempatkan negara kita pada posisi akhir dibawah negara-negara maju dan berkembang seperti Malaysia, China, bahkan Vietnam.

Carut marutnya potret pendidikan mungkin kian bertambah dengan waacana pemerintah yang akan mengganti kurikulum yang sudah ada dengan kurikulum yang baru. Ini menandakan negara kita adalah negara yang terkenal sebagai negara yang paling sering berganti kurikulum. Semoga saja perubahan nanti bisa membawa pendidikan kita menjadi lebih baik.

Hal ini tidak boleh kita biarkan berlarut-larut, peningkatan mutu pendidikan tanah air harus kita mulai dari sekolah. Inilah yang menjadi pokok pembahasan seminar ini. Bagaimana kita bisa menigkatkan mutu sekolah dengan Sistem Manajemen Mutu Sekolah.

IMG_20121124_134214

Mutu adalah kualitas, dapat diukur. Kualitasnya itu tergantung dari sisi mana kita melihatnya, atau sesuai dengan keinginan konsumen selaku pengguna jasa. Berikut beberapa pengertian MUTU :

  1. Derajat keunggulan suatu produk
  2. Kesesuaian dengan kebutuhan
  3. Kecocokkan dalam penggunaan
  4. Kepuasan Pelanggan
  5. Sebuah kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, proses, SDM, kerja, dan pengaturan yang dapat memenuhi bahkan melebihi harapan.

Sekolah yang bermutu berarti sekolah yang mampu memberikan apa yang orang tua harapkan, atau bisa di katakan ada kepuasan mereka atas hasil pendidikan di sekolah tersebut.

Mutu bersifat dinamis, cenderung berkembang sesuai zaman terus mengikuti perkembangan, Sekolah yang bermutu tahun 1990an belum tentu bermutu di tahun ini, agar bisa menjaga mutu sekolah harus setepat mungkin mencapai target-target dan sasaran yang terus bergerak. Maka, dalam hal ini peran manajemen sekolah khususnya Kepala Sekolah sangat vital, Ia  harus bervisi kedepan dan terus mengikuti perkembangan agar tidak tertinggal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s