//
anda sedang membaca...
Catatan Harian, Pakem, Pendidikan, Tips Belajar

Magic Memory Untuk Menghafal Jenis Enzim Pencernaan

Untuk anak-anakku yang sekarang di kelas 6, pasti saat ini sudah mulai belajar dong untuk persiapan menghadapi Ujian Nasional. Nah, kali ini Mr.Wahid mencoba kasih tips belajar bagaimana menghafal jenis-jenis enzim dalam sistem pencernaan yang sering kali keluar dalam Ujian Nasional.

Sebagai contoh kisi-kisi UNSD tahun 2012 tentang materi ini adalah :

Disajikan gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat
menjelaskan proses yang dilakukan enzim/zat pencernaan yang dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk. Menurut pengakuan teman kamu di kelas 6, mereka kesulitan menghafal nama-nama enzim karena selain namanya aneh-aneh dan abstrak, kamu juga perlu menghafal tempat dan fungsi dari enzim tersebut.

Teknik yang akan kita pakai adalah teknik mengubah wujud asal, yaitu menggantikan kata abstrak atau asing ke dalam bahasa yang kita kenal. Aturannya, dalam mengubahnya bisa dengan memperhatikan kemiripan bunyi, berhubungan dengan kata asing tersebut dan dikenal oleh otak, dan bisa juga menjadikan kata asing tersebut sebuah singkatan.

Setelah kata-kata asing tersebut bisa kita bayangkan, selanjutnya kita menggunakan teknik story, atau merangkai cerita lucu, aneh, dan tidak masuk akal. Karena justru inilah yang akan terus menempel dalam ingatan kita, dan masuk ke otak bawah sadar.

Oke langsung aj ya, Mr. Wahid akan memaparkan apa saja sih jenis-jenis enzim yang sering keluar dalam Ujian Nasional beserta tips menghafalnya. Ini dia โ€ฆ :

Nama Enzim Asal fungsi Kata Pengganti Kisah
Ptialin mulut/air liur mengubah amilum (zat tepung) menjadi glukosa Peti dan lilin Bayangkan di mulutmu ada peti dan lilin di dalamnya ada tepung tiba-tiba menjadi gula rasa manis.
Amilase Mulut dan
Kelenjar pankreas
memecah amilum menjadi maltosa Pak Amil Pak amil setiap hari mecahin minuman tanpa rasa berdosa
Maltase Usus 12 jari mengubah maltosa menjadi molekul glukosa Voltase Voltase yang jaraknya 12 jari itu ada di Mal Sentosa, jadi bakul orang gila yang tak berdosa
Pepsin Lambung Mengubah protein menjadi pepton Pepsi Minum pepsi bikin kembung karena ada protein yang kuat seperti beton
Asam Klorida Lambung Membunuh kuman penyakin dan mengaktifkan pepsin Sam dan Ida Sam dan si Ida jago dalam membunuh kuman karena rajin minum sampe kembung
Renin Lambung Mengendapkan protein susu menjadi kasein Janin Dalam Janin ada bayi yang suka susu sampe kaya mesein.
tripsin Pankreas Mengubah protein menjadi asam amino tri asin makan tri asin bikin tubuh kaya protein dan tubuh si amin jadi asem
Lipase Pankreas Mengubah lemak menjadi asam lemak Lipas (kecoa) Banyak lipas bikin lemak di tubuh mak jadi asem.

 

Berikut ini beberapa contoh soal tipe UN mengenai enzim-enzim pencernaan :

image

Untuk menjawab soal diatas, kamu pasti ingat di dalam mulut ada peti dan lilin (ptialin) yang berisi tepung (karbohidrat) yang menjadi manis (gula).

Dapatkah kamu menjawab soal di bawah ini ?

image

About mrwahid

I'm a Teacher in SDIT Islamia

Discussion

8 thoughts on “Magic Memory Untuk Menghafal Jenis Enzim Pencernaan

  1. Keren Gan…, ๐Ÿ™‚

    Posted by usasol | November 14, 2014, 11:04 pm
  2. Mantap… Siiiiip…Kereeeen

    Posted by namaku aneh | November 14, 2014, 11:06 pm
  3. Jawabanya A KAN MR. WAHID

    Posted by Juliant | February 19, 2015, 1:14 pm
  4. Makasih๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

    Posted by rahma | May 14, 2015, 2:17 am
  5. Sangat membantu banget!
    Makasih atas tips ngehafalin yg gokil dan cepet hapal!

    Posted by Andika Raditya | May 5, 2016, 12:37 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Mr.Wahid

Pengunjung Online

โ€amung

Statistik

Alexa Certified Traffic Ranking for mrwahid.worpress.com
Banner 250x250 pxl

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 39 other followers

@My Tweett

Sepercik Embun Hidayah

Setiap penulis akan meninggal. Hanya tulisannya yang akan kekal sepanjang masa. Maka tulislah tulisan yang akan membuatmu bahagia di hari kiamat.

Yusron Fauzi

Pembelajar yang Tak Pernah Pintar

Blog Pendidik

@dwitagama: karakter tumbuh dari pembiasaan

Creative Learner

Learning, Teaching and Story Telling

Catatan wisha

untuk sahabat yang ingin berbagi

Swim to my words... Swim to my world...

Love the life you live... Live the life you love...

SUZIE ICUS PERSONAL BLOG

Education is not preparation for life; education is life itself - John Dewey

mulyana kuningan asri

tak pernah berhenti belajar

Blog Guru Kreatif

Praktisi pelatihan guru dan konsultan manajemen sekolah

kangdidisuradi

siswa yang berkarakter dimulai dari guru yang berkarakter

arebyne

Never Old to Learn

Nunung Nuraida

merekam asa, rasa dan cerita

Myblog.Ies-is

Ikhlas dengan takdirmu..,karena..,Ikhlas itu seperti dalam surat Al Ikhlas

%d bloggers like this: