//
anda sedang membaca...
Pendidikan, Tutorial

Menyiapkan Kelas Agar Nyaman dan Menyenangkan

Wali kelas merupakan tugas tambahan yang diberikan kepada Bapak/Ibu selain tugas mendidik dan mengajar, peran wali kelas tidak hanya sebagai pengelola kelas, tetapi juga berperan dalam membentuk karakter siswa, membina dan mendidik siswa binaannya, sebagai motivator dan juga sebagai manajer yang sangat menentukan dalam menciptakan kelas yang sehat dan prestasi hebat.

Sebagai manajer wali kelas sudah selayaknya memiliki program, Ia perlu merancang segala sesuatunya dengan cermat, karena tanpa perencanaan yang baik Ia akan sulit mencapai hasil yang maksimal. Oleh karena itu hal yang pertama yang harus dilakukan adalah bagaimana menyiapkan kelas agar nyaman dan menyenangkan bagi siswa. Karena kelas adalah tempat siswa belajar, kelas adalah rumah kedua dan Anda sebagai wali kelas adalah orang tua kedua bagi mereka. Bila Anda berhasilmenciptakan kelas nyaman dan menyenangkan tentulah akan menjadi lingkungan yang sehat bagi siswa.

Lantas hal apa sajakah yang perlu Anda siapkan?  Berikut ini beberapa tips bagaimana menyiapkan kelas yang nyaman dan menyenangkan :

1. Persiapkan administrasi guru

Hal ini meliputi kesiapan Anda sebagai seorang guru untuk mengajar seperti tersedianya Program Tahunan, Program Semester, unit plan, lesson plan (RPP), daftar nilai, catatan kepribadian/ disiplin dan akademis siswa, catatan pemanggilan orang tua dan pemecahan masalah siswa, daftar absensi, jurnal kegiatan pembelajaran, dan berabagai chart atau bahan yang akan ditempelkan pada dinding kelas. nda sebaiknya menjadikan ruang belajar sebagai kantor pribadi yang administrasinya teratur, tertib, dan lengkap sehingga mempermudah proses belajar, mengajar. semua administrasi tersebut akan menjadi senjata Anda dalam upaya menciptakan kelas yang nyaman danmenyenangkan.

2. Kuasai Manajemen Kelas

Manajemen kelas menyangkut persiapan kelas, struktur kelas, seperti susunan menja belajar yang variatif, alat peraga, gambar pendukung pembelajaran, tabel pembelajaran, poster, dll. Sebaiknya Anda lengkapi juga dengan Teacher’s Corner yang berisi tentang sekilas data pribadi Anda sebagai wali kelas dan guru-guru yang mengajar di kelas Anda, janga lupa juga sertai foto siswa, ucapan selamat datang di pintu kelas.

Manajemen kelas menentukan bagaimana cara Anda mengendalikan kelas dan siswa, buatlah tata tertib berupa kesepakatan dan bukan hanya larangan-larangan yang akan membuat siswa merasa tertekan. Buat mereka memahami aturan dengan kesepakatan bersama sehingga mereka benar-benar belajar bertanggung jawab.

Cara kita mengarahkan atau mengendalikan kelas dapat menentukan reaksi siswa terhadap kita dan seluruh kelas selama setahun pembelajaran bersama kita. “How the class reacts to your first direction will be an indication of how students will react to your directions for thee reminder of the year.” (Harry K.Wong,2005).

Untuk teman-teman guru di Islamia, silakan unduh beberapa administrasi yang akan membantu kita dalam menjalakan tugas dan fungsi kita sebagai guru dan  wali kelas.

1. Berbagai fotmat administrasi untuk wali kelas dan guru bidang studi Program Wali Kelas.xls

2. Daftar Nilai Bidang Studi (kelas 3-6) LEGER NILAI.xls – 4shared.com – penyimpanan dan berbagi-pakai file online – unduh.

3. Daftar Absensi Guru Bidang Studi per kelas Absensi guru mata pelajaran.xlsx

4. Daftar Mutasi Siwa (Dibuat setiap bulan) mutasi siswa.xlsx

Selamat Bekerja

About mrwahid

I'm a Teacher in SDIT Islamia

Discussion

2 thoughts on “Menyiapkan Kelas Agar Nyaman dan Menyenangkan

  1. Terima kasih , saya mendapatkan format administrasi kepala sekolah, guru dan wali kelas lengkap disini, http://gurukepsek.wordpress.com/
    Trims

    Posted by Admin | December 6, 2012, 5:53 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Mr.Wahid

Pengunjung Online

”amung

Statistik

Alexa Certified Traffic Ranking for mrwahid.worpress.com
Banner 250x250 pxl

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 39 other followers

@My Tweett

Sepercik Embun Hidayah

Setiap penulis akan meninggal. Hanya tulisannya yang akan kekal sepanjang masa. Maka tulislah tulisan yang akan membuatmu bahagia di hari kiamat.

Yusron Fauzi

Pembelajar yang Tak Pernah Pintar

Blog Pendidik

@dwitagama: karakter tumbuh dari pembiasaan

Creative Learner

Learning, Teaching and Story Telling

Catatan wisha

untuk sahabat yang ingin berbagi

Swim to my words... Swim to my world...

Love the life you live... Live the life you love...

SUZIE ICUS PERSONAL BLOG

Education is not preparation for life; education is life itself - John Dewey

mulyana kuningan asri

tak pernah berhenti belajar

Blog Guru Kreatif

Praktisi pelatihan guru dan konsultan manajemen sekolah

kangdidisuradi

siswa yang berkarakter dimulai dari guru yang berkarakter

arebyne

Never Old to Learn

Nunung Nuraida

merekam asa, rasa dan cerita

Myblog.Ies-is

Ikhlas dengan takdirmu..,karena..,Ikhlas itu seperti dalam surat Al Ikhlas

%d bloggers like this: