//
anda sedang membaca...
Uncategorized

Yukk.. Jadi Guru Blogger

 

cc414_ngeblogTeknologi informasi dan komunikasi berkembang begitu pesat. Hal ini turut mempengaruhi perkembangan dunia pendidikan, mau tidak mau penguasaan teknologi menjadi sebuah kewajiban yang tidak bisa ditawar lagi bagi seorang pengajar. Karena pengajar saat ini berhadapan dengan anak-anak didik yang hidup di zaman digital (digital native), dimana dunia mereka bersentuhan dengan teknologi digital, salah satu diantaranya adalah teknologi Internet.

Mungkin kita sudah sering merasakan manfaat yang banyak dari berkembangnya teknologi internet, namun kita juga perlu mewaspadai sisi negatif dari internet yang mengancam anak-anak kita. Oleh karena itu penggalakkan internet sehat perlu di tingkatkan, dan seorang guru memiliki andil besar untuk mensukseskan program tersebut. Caranya adalah dengan cara menjadi pencipta informasi positif untuk menanggulangi informasi negatif yang bertebaran di Internet.

Blog adalah sarana yang tepat untuk menyimpan data berupa informasi yang bisa diakses melalui jaringan internet. Informasi tersebut tidak hanya berupa teks saja, tetapi bisa berupa gambar maupun video. Seseorang yang aktif menulis di blog disebut dengan blogger, mungkin kita pernah mendengar istilah guru Blogger, yaitu guru yang aktif menulis dan berbagi melalui media blog. Istilah guru blogger semakin marak kita dengar, banyak pelatihan blogging untuk guru bermunculan, bahkan sudah banyak kompetisi blog guru dengan hadiah yang cukup besar.

Untuk memiliki sebuah blog tidaklah sulit, yang sulit adalah mempertahankan eksistensinya. Terbukti banyak blogger-blogger guru yang berguguran setelah mereka memulai, mereka tenggelam di tengah-tengah kesibukan, tak lagi ada tulisan, yang ada hanyalah kenangan. Agar tak ikut tenggelam, kuncinya hanyalah komitmen untuk selalu menulis. Tuliskan apa saja yang ingin kita tulis, apapun yang ada di dalam kepala tuangkan dalam bentuk tulisan, karena tulisan seorang guru adalah tulisan yang berisi ilmu dan nasehat, kemudian singkirkanlah perasaan takut salah dalam menulis, niatkan saja untuk belajar dan berbagi. Insya Allah selain ilmu menulis kita bertambah, pahala juga kita dapat karena sudah berbagi kepada orang lain.

Melalui blog inilah secara tidak langsung guru telah menjadi pencipta informasi, tidak lagi sekedar pencari atau pengambil informasi dari orang lain. Coba bayangkan jika satu hari saja setiap guru menulis, berarti dalam sebulan seorang guru akan menghasilkan 30 tulisan, dalam setahun sudah 360 tulisan. Bagaimana jika seluruh guru di Indonesia semua melakukan hal yang sama, tentu jumlahnya akan sangat fantastis bukan ?

Guru yang aktif nge-blog berarti telah berkontribusi dalam gerakan internet sehat, karena blog akan menjadi sumber belajar bagi anak-anak didik, dan secara tidak langsung mengajak mereka untuk menyukai kegiatan membaca, kemudian aktif menulis untuk bertanya dan berkomentar. Setelah itu kreatifitas guru akan terpacu untuk selalu menampilkan konten-konten terbaru yang mampu menarik siswa untuk selalu berkunjung. Tentunya masih banyak lagi keuntungan menjadi seorang guru blogger. Mulailah ngeBlog sekarang juga, teruslah berbagi dan buktikan apa yang terjadi.

Selamat ngBlog Bapak/Ibu Guru. Maju terus Pendidikan Indonesia

About mrwahid

I'm a Teacher in SDIT Islamia

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Mr.Wahid

Pengunjung Online

”amung

Statistik

Alexa Certified Traffic Ranking for mrwahid.worpress.com
Banner 250x250 pxl

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 39 other followers

@My Tweett

Sepercik Embun Hidayah

Setiap penulis akan meninggal. Hanya tulisannya yang akan kekal sepanjang masa. Maka tulislah tulisan yang akan membuatmu bahagia di hari kiamat.

Yusron Fauzi

Pembelajar yang Tak Pernah Pintar

Blog Pendidik

@dwitagama: karakter tumbuh dari pembiasaan

Creative Learner

Learning, Teaching and Story Telling

Catatan wisha

untuk sahabat yang ingin berbagi

Swim to my words... Swim to my world...

Love the life you live... Live the life you love...

SUZIE ICUS PERSONAL BLOG

Education is not preparation for life; education is life itself - John Dewey

mulyana kuningan asri

tak pernah berhenti belajar

Blog Guru Kreatif

Praktisi pelatihan guru dan konsultan manajemen sekolah

kangdidisuradi

siswa yang berkarakter dimulai dari guru yang berkarakter

arebyne

Never Old to Learn

Nunung Nuraida

merekam asa, rasa dan cerita

Myblog.Ies-is

Ikhlas dengan takdirmu..,karena..,Ikhlas itu seperti dalam surat Al Ikhlas

%d bloggers like this: