//
anda sedang membaca...
Internet Sehat, Pendidikan, Tutorial

NGeblog itu Ibadah Loh… (Tips Agar Blog kita Eksis)

 

blogging1Alhamdulillah, perasaan saya senang sekali melihat semangat Bapak-Ibu Guru kami terus mengupdate blog-blog mereka. Setelah pelatihan beberapa waktu yang lalu teman-teman masih punya semangat untuk terus menghidupkan blog mereka. Saya senang karena ini menjadi indikator keberhasilan kami memotivasi mereka untuk selalu eksis ngeBlog. Semoga saja hal ini tidak bersifat semu ya teman-teman. Tuliskan apa saja yang ingin kita tulis, yang ada di dalam kepala tuangkan dalam bentuk tulisan, karena saya yakin tulisan seorang guru adalah tulisan yang berisi ilmu dan nasehat, jauhi perasaan takut salah dalam menulis di blog, niatkan saja untuk sekdar belajar dan berbagi. Insya Allah selain ilmu menulis kita bertambah, pahala juga kita dapat karena sudah berbagi kepada orang lain.

Dengan ngeBlog kita sebagai guru berarti sudah ikut ambil bagian dalam program berinternet sehat yang sedang di galakkan pemerintah, karena dengan kita menulis di blog kita akan menjadi pencipta informasi, tidak sekedar pencari atau pengambil informasi dari orang lain. Bisakah kita bayangkan jika satu hari saja kita menulis, berarti dalam sebulan kita menghasilkan 30 tulisan, dalam setahun sudah 360 tulisan.Cukup kan untuk jadi sebuah buku ?? Harimau mati meninggalkan belangnya, Guru Mati meninggalkan karya, setidaknya tulisan-tulisan kita. Right ???

Di samping itu, dengan kita ngeBlog berarti juga kita tidak hanya menjadi guru di satu tempat atau di tempat dimana saat ini kita bertugas. Tetapi kita telah berhasil keluar merambah dunia, artinya kita sudah menjadi guru untuk seluruh alam semesta, baik para siswa maupun rekan seprofesi kita dimanapun mereka berada. Bukankah Rasulullah SAW juga mengajarkan kita untuk meneladani Beliau menjadi Rahmatan Lil Alamin, karena manusia yang terbaik adalah manusia yang paling banyak memberikan manfaat untuk orang lain. Right ??

Masih banyak lagi keuntungan yang akan kita peroleh dari menulis di blog, saya sarankan teman-teman untuk membaca buku tulisan Om Jay yang berjudul “Menulislah sebelum tidur dan buktikan apa yang terjadi”. Karena buku tersebut akan menjadi semacam vitamin dan panduan untuk blogger pemula seperti kita. Membuat blog tidak sulit kan ? tidak sampai satu menit untuk membuat blog, yang sulit adalah menjaga eksistensinya sampai sekarang itulah yang sulit. Ada banyak alasan orang tidak lagi mengupdate atau memperbarui tulisan di blognya. Produktivitasnya tidak terjaga. Tidak ada ide dan kesibukan adalah alasan utama. Lalu bagaimana cara menjaga eksistensi ngeblog, berikut beberapa tipsnya.

  • Buatlah jadwal postingan, kapan saja teman-teman harus menambah tulisan. Ini penting karena eksistensinya itu lebih ditekankan pada rutinitas atau istikomah maka tidak perlu banyak tetapi rutin. Jika dalam satu hari muncul 2 ide tulisan, lebih baik jangan memposting keduanya dalam hari yang sama. Bisa jadi besok dan besoknya lagi sedang tidak ada ide atau sibuk sehingga tidak bisa ngeblog. Maka lebih baik membuat posting terjadwal untuk waktu ke depan.
  • Variasi dalam menyajikan konten. Salah satu alasan blog kita tidak eksis itu karena bosan. Sama seperti ngeblog, kalau menulis teks saja juga bosan. Ngeblog bisa dilakukan lebih variatif, tidak hanya teks tetapi juga bisa upload photo atau embed video. Kadang photo atau video bisa lebih berbicara daripada hanya sekedar teks. Lebih variatif bisa membuat ngeblog tidak membosankan begitu juga yang membaca.
  • Nikmati aktivitas ngeblog kita dan jangan takut menulis. Ingat, Blog itu bukan seperti mengerjakan tugas yang diberikan guru ataupun manajemen/ atasan dan akan dinilai salah atau benar. Ini adalah halaman milik kita sendiri. Jadi nikmati saja ngeblog, yang ingin ditulis, tulislah. Tidak perlu terbayang-bayang dengan penulis hebat yang tulisannya selalu jadi Headline (HL) atau terekomendasi. Kita bisa dengan cara kita sendiri. Jadi Enjoy aj lagi ….

Nah, jika kita sudah mampu istiqomah dengan jadwal yang telah kita buat selanjutnya kita harus tau juga bagaimana blog kita ramai pengunjung, semakin ramai pengunjung berarti kan pahala kita semakin banyak dong, iya ga ?? iyaa aj deh… Smile. Mau tau kan caranya ?

Sebenarnya cukup simple aj, di zaman sekarang sudah ada mbah google yang akan bantu kita dengan ikhlas tanpa minta di bayar loh, hari gini ada yang gratis… ??? ihh beneran.. Mbah Google adalah mesin pencari yang huebattt dengan ikhlassss dia akan bantu kita. Asal kita tau caranya agar tulisan kita berada di posisi teratas. Karena mau tidak mau kunci untuk meningkatkan pengunjung adalah dengan cara membuat tulisan yang sedang banyak dicari orang. Seperti kita jualan lah, jualan kita akan laris jika barang atau jasa yang kita jual sedang menjadi trend dan banyak orang yang butuh terhadap barang itu. Begitu juga dengan tulisan, jadi kita harus tau kira-kira tulisan bagaimanakah yang selalu diburu orang ? Berikut ini adalah 2 tipe tulisan yang banyak dicari orang melalu mesin pencari seperti mbah Google atau pun Om Yahoo Search :

  • Tulisan Berjenis How To (Tutorial). Yaitu jenis tulisan yang berisi tentang bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu. Jenis tulisan ini adalah salah satu tulisan yang banyak dicari, biasanya berisi tahap demi tahap cara melakukan atau membuat sesuatu. Contohnya adalah: Bapak/ Ibu punya keahlian apa nih yang kira-kira orang lain juga ingin belajar keahlian tersebut, umpamanya Bagaimana Membuat Roti Kukus Keju, Atau sesuai dengan profesi kita sebagai guru bisa saja kita menulis Bagaimana Manajemen Kelas yang Baik, Mengatasi Anak Lambat Belajar, dll. Blog Pak Agus Sampoernoa adalah contoh blog yang laris manis dikunjungi ribuan orang setiap harinya karena tulisan beliau banyak yang termasuk ke daalam tipe ini.
  • Tulisan Berjenis Definition (Pengertian). Yaitu jenis yang berupa pembahasan makna, arti, atau pengertian. Jenis tulisan ini memberikan pengetahuan tentang arti sebuah kata dan maknanya dengan pembahasan yang lebih mendalam. Contohnya banyak kita jumpai di wikipedia.org. Banyak orang mencari kata untuk mengetahui arti atau definisi dari kata tersebut.

Itulah 2 jenis tulisan yang banyak dicari, dan cenderung bisa bertahan lama. Selain 2 jenis diatas bisa saja kita menulis jenis tulisan yang lagi hits atau trend akan dicari pada waktu-waktu tertentu atau moment-moment tertentu. Misalnya sekarang nih lagi rame  tentang kenaikan BBM, atau saat Idul fitri dan hari-hari besar lainnya.

Demikian, Semoga bermanfaat.

Alhamdulillah, Luar Biasa

Tetap Semangat,

Allahu Akbar

About mrwahid

I'm a Teacher in SDIT Islamia

Discussion

2 thoughts on “NGeblog itu Ibadah Loh… (Tips Agar Blog kita Eksis)

  1. artikelnya bagus, makasih atas infonya

    Posted by putra baruna | March 11, 2012, 10:40 am
  2. ternyata, pendiam yang suka menulis….

    Posted by khuldi | March 22, 2012, 5:07 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Mr.Wahid

Pengunjung Online

”amung

Statistik

Alexa Certified Traffic Ranking for mrwahid.worpress.com
Banner 250x250 pxl

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 39 other followers

@My Tweett

Sepercik Embun Hidayah

Setiap penulis akan meninggal. Hanya tulisannya yang akan kekal sepanjang masa. Maka tulislah tulisan yang akan membuatmu bahagia di hari kiamat.

Yusron Fauzi

Pembelajar yang Tak Pernah Pintar

Blog Pendidik

@dwitagama: karakter tumbuh dari pembiasaan

Creative Learner

Learning, Teaching and Story Telling

Catatan wisha

untuk sahabat yang ingin berbagi

Swim to my words... Swim to my world...

Love the life you live... Live the life you love...

SUZIE ICUS PERSONAL BLOG

Education is not preparation for life; education is life itself - John Dewey

mulyana kuningan asri

tak pernah berhenti belajar

Blog Guru Kreatif

Praktisi pelatihan guru dan konsultan manajemen sekolah

kangdidisuradi

siswa yang berkarakter dimulai dari guru yang berkarakter

arebyne

Never Old to Learn

Nunung Nuraida

merekam asa, rasa dan cerita

Myblog.Ies-is

Ikhlas dengan takdirmu..,karena..,Ikhlas itu seperti dalam surat Al Ikhlas

%d bloggers like this: