Membuat TTS Interaktif dengan Eclipsecrossword

 

Di tulisan sebelumnya saya sudah mengulas bagaimana membuat worksheet berupa TTS (Teka-Teki Silang) yang mudah dan cepat dengan bantuan situs penyedia layanan. Kali ini saya akan berbagi kepada rekan guru semua  bagaimana membuat tts menggunakan software. Setelah menjelajahi om Google, akhirnya saya menemukan software yang cukup handal dalam membantu kita membuat tts, selain bagus software ini juga berukuran kecil, mudah di gunakan dan yang terpenting bersifat free alias gratis.

Software Eclipsecrossword ini dapat Anda download di halaman situsnya www.eclipsecrossword.com, atau langsung klik di sini. Setelah file installer selesai Anda download, selanjutnya jalankan program installer tersebut, Setelah berhasil Anda akan melihat iconnya di startmenu, Jika Anda mengkliknya makan akan muncul tampilan programnya seperti di bawah ini :

image

Untuk mulai membuat TTS Anda hanya perlu menempuh beberapa langkah di bawah ini :

1. Pilih I would like to start a new crossword, lalu tekan next

2. Step 1 –  Anda akan ditanya apakah sebelumnya Anda sudah memiliki list kata atau Anda ingin membuat yang baru, karena Anda belum memilikinya, maka pilih pilihan pertama yaitu Let me create a word list.

3. Step 2 – Create or Modify a word list, pada step ini kita akan memulai membuat list kata-kata yang akan menjadi jawaban dari TTS kita berikut pertanyaannya. Caranya : Masukkan jawaban dari pertanyaan atau pernyataan yang akan kita buat dalam kolom word, setelah itu baru pertanyaan atau pernyataannya di tuliskan di bawahnya yaitu kolom clue for this word. Kemudian tekan Add word list. Lakukan langkah ini sampai jumlah kata sesuai dengan yang kita inginkan.

image

4. Step 3 – Name for this crossword. Step ini meminta kita untuk memberi nama judul dari TTS yang akan kita buat, berikut nama kita sebagai pembuatnya. Langkah ini dapat kita abaikan.

5. Step 4 – Define crossword size. Selanjutnya kita diminta untuk menentukan ukuran dari TTS yang akan kita buat. Misalnya kita menuliskan 20 wide, 20 tall.

6. Program akan bekerja dengan sendirinya menyusun TTS kita. Dan dalam sekejap selesailah TTS kita, Kita bisa lihat tampilan TTS kita, jika kurang puas dengan hasilnya program menyediakan banyak pilihan, cukup dengan menekan link Make Another Puzzle like this one. Jika sudah puas klik next.

image

7. Selanjutnya langkah terkahir, program menyediakan beberapa menu pilihan diantaranya : Save (menyimpan hasil TTS kita), Print (Mencetak) , Save as web page (menyimpan dalam format html dengan java script dan printable web page ), dan Publish ( import ke Micrs. Word). Saya sarankan jika ingin mencetak piliha Save as web page kemudian printable web page)

image

Agar TTS kita bersifat interaktif, maka kita harus memilih Save as web page, kemudian pilih Interactive with JavaScript, kemudian beri nama dan simpan. Kemudian jalankan, maka hasilnya akan seperti di bawah ini :

image

Cukup mudah bukan ?? Hebatnya lagi, hasil ini bisa kita tampilkan di wordpress kita, cukup install pluginnya. selanjutnya kita dapat memanjakan pengunjung blog kita dengan TTS yang kita buat. Jika sudah di integrasikan dengan plugin wordpress TTS kita akan dilengkapi dengan alat pengukur waktu, Bagus juga untuk media belajar siswa kita. Silakan kunjungi http://mrwahid.com/tts-kelas-5-1/ melihat hasil akhirnya.

Semoga Bermanfaat.

One thought on “Membuat TTS Interaktif dengan Eclipsecrossword

Leave a comment