Bekali Anak kita dengan Keterampilan Belajar

 

anak-belajarSemua orang tua pasti menginginkan putra-putrinya berhasil dalam belajar, di sekolah. Mungkin segala macam cara akan kita lakukan demi mendongkrak nilai mereka, seperti menambah jam belajarnya, memasukkannya ke bimbingan belajar atau memanggil guru les privat dll. Namun seringkali hasilnya tidak sebanding dengan jumlah dana yang telah kita keluarkan, Nilai mereka tidak juga maksimal, bahkan cenderung menurun.

Yang sering menjadi pertanyaan kita dan orang tua adalah mengapa jam belajar di sekolah tidak cukup untuk membuat mereka cerdas, dan mengapa sekolah tidak bisa menjamin mereka lulus Ujian Nasional dengan nilai memuaskan ?

Menjamurnya bisnis bimbingan belajar, sedikit memberikan jawaban kepada kita ternyata sekolah tidak menjamin anak-anak kita cerdas. Atau kita sebagai orang tua masih was-was akan ke ‘angkeran’ Ujian Nasional hingga memaksakan anak-anak kita ikut dalam bimbingan belajar yang memberikan jaminan lulus 100%.

Faktanya memang inilah yang menjadi problematika pendidikan kita, Sistem pendidikan di sekolah tidak membekali siswanya akan keterampilan belajar,sekolah hanya menjalankan apa yang sudah ada dalam kurikulum. Masih banyak sekolah-sekolah yang menganggap kewajiban siswa adalah belajar dan menyerap semua informasi yang disampaikan guru. Dan ternyata masih banyak guru yang berpikir kewajibannya hanyalah menyampaikan semua materi. Jika hal ini terus terjadi, pendidikan kita akan sulit untuk maju dan akan sulit bersaing dengan negara-negara lain.

Saya turut merasakan ketika masih duduk di bangku sekolah dulu, dari mulai tingkat dasar saya sama sekali tidak mengenal ketermpilan belajar yang sekarang ini mulai marak terdengar, baru ketika di SMA mulailah saya mengenal istilah Quantum Learningnya Bobby de Porter, dimana dalam buku tersebut diungkap strategi belajar ala Quantum, di bangku kuliah saya baru memiliki buku tersebut.

Jadi, setidaknya ada beberapa keterampilan yang harus dimiliki anak-anak kita jika ingin sukses belajar, diantaranya :

  • Kemampuan membaca cepat
  • Kemampuan mencatat
  • Kemampuan menghafal dan memanggil kembali informasi yang dicatat
  • Kemampuan menentukan target/ goal setting
  • Kemampuan manajemen waktu
  • Kemampuan memotivasi diri sendiri

Selayaknya semua kemampuan tersebut kita bekali kepada anak didik kita, sekolah seharusnya membuat sebuah program yang mengarahkan siswa untuk menguasai keterampilan belajar, tidak hanya menuntut siswa menguasai semua materi dalam kurikulum.

Sekolah yang baik juga seharusnya membekali para guru-gurunya akan keterampilan mengajar, dengan membuat pelatihan-pelatihan secara berkala. Sebagaimana sebuah perusahaan yang ingin berhasil dan mencapai hasil maksimal sudah tentu mereka membuat para karyawan atau pekerja mereka dengan training-training yang akan menambah kinerja mereka.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s