//
anda sedang membaca...
Pakem, Pendidikan

Mari Para Guru Indonesia Kita Berbuat Lebih Baik

Liburan telah usai, kini saatnya kita kembali mengajar, tentunya dengan semangat baru dan siap melaksanakan resolusi yang mungkin telah kita buat di awal tahun ini. Selama liburan tentu kita sudah menyiapkan bekal atau semacam amunisi berupa ilmu-ilmu yang kita dapat dengan mengikuti workshop atau seminar yang banyak diadakan di musim libur semester, atau  dengan membaca berbagai buku bertemakan pendidikan. Bagaimanapun cara kita menambah imu semoga saja dapat kita jadikan sebagai amunisi untuk berbuat lebih baik lagi di semester genap ini.

Saya meyakini guru yang baik adalah guru yang senantiasa berepleksi dan bersedia belajar dari pengalaman-pengalaman masa lalunya. Saya pribadi dan mungkin juga Anda pernah mengalami sesuatu kegagalan dalam melakukan proses pembelajaran di kelas. Kemungkinan tersebut bisa jadi karena kesalahan kita sebagai guru, mari kita sama-sama berepleksi, sudah sejauh manakah kita berbuat yang terbaik untuk siswa-siswa kita.

lecturer

Tekadang masih ada siswa-siswa kita yang mengalami kesulitan belajar, hingga akhirnya target ketuntasan yang telah kita buat jauh dari harapan. Sistem pembelajaran tuntas mewajibkan kita sebagai guru mencari berbagai cara agar semua siswa-siswa kita tuntas. Sebelum kita membuat rencana pembelajaran di semester Genap ini, ada baiknya kita mempelajari hal-hal yang mungkin kita lupakan.

Saya mencatat beberapa hal yang mungkin kita lupakan dalam mengajar. Kegiatan pembelajaran adalah proses dimana kita sebagai guru menyampaikan informasi kepada siswa. Proses ini memiliki 3 level  yang cenderung kita lupakan, diantaranya adalah :

  1. Self System (sistem Diri). Inilah aspek paling penting dalam ketiga proses pembelajaran. Namun hal ini juga yang sering diabaikan. Sistem diri ini terbagi lagi menjadi 3 aspek
    • Relevansi, yaitu hubungan antara materi pelajaran yang diberikan guru dan hidupnya.
    • Kemampuan anak dalam menghadapi tugas atau materi pelajaran yang diberikan
    • Emosi anak saat materi pelajaran diberikanetacognitive System (Sistem kesadaran)
  2. Cognitive System (Sistem prosepengolahan informasi). Aspek ini timbul secara sadar dari dalam diri anak setelah level pertama berjalan dengan baik. Tanda keberhasilan dari aspek ini adalah dimana anak mulai menyukai kegiatan pembelajaran, anak mulai menetapkan sasaran pribadinya, anak belajar dengan penuh semangat.
  3. Cognitive System (Sistem Proses Pengolahan Informasi). Guru terkadang melupakan kedua proses diatas, dan cenderung melompat ke proses ketiga ini. Hasilnya bisa ditebak anak mulai merasa bosan, bete, dan menganggap belajar adalah sesuatu yang tidak menarik dan melelahkan. Padahal jika kedua proses diatas berjalan dengan baik maka kesulitan belajar yang dialami siswa seperti kebosanan, mengantuk, suilit konsentrasi dan sulit menyerap informasi tidak akan terjadi.

Bagaimana agar ketiga proses atau level pembelajaran diatas berjalan dengan baik ?

Salah satu caranya adalah dengan memaksimalkan menit-menit pertama di awal kegiatan pembelajaran, atau sering kita sebut dalam Lesson Plan (RPP) kita adalah kegiatan pendahuluan. Bahasa kerennya adalah Apersepsi. Banyak teknik-teknik apersepsi yang dapat kita gunakan di awal-awal proses pembelajaran. Saya mengutip dalam buku Gurunya Manusia karya Munif Chatib, yang menyebutkan Apersepsi adalah nyawa dari proses pembelajaran kita. Artinya jika kita gagal dalam apersepsi ini, maka bisa dipastikan kita merancang kegagalan dalam kegiatan belajar mengajar kita.

Mungkin beberapa teknik apersepsi dibwah ini bisa dijadikan sebagai modal awal kita dalam merancang kegiatan pembelajaran untuk semester yang sedang berjalan ini, selebihnya kita sebagai guru harus kreatif lagi meramu dan membuat kegiatan-kegiatan apersepsi.

Sumber-Sumber Apersepsi sebagaimana yang ditulis Munif Chatib dalam bukunya yang berjudul “Gurunya Manusia” :

  1. Zona Alfa. Usahakan siswa memasuki zona alfa, yaitu kondisi terbaik untuk belajar sebab sel neuron sedang berada dalam suatu harmoni (keseimbangan). Beberapa cara masuk ke dalam Zona Alfa diantaranya : Fun Story, teka-teki, tepuk-tepuk gembira (khusus kelas bawah), Ice Breaking, Musik, Brain Gym
  2. Warmer (pemanasan). Adalah mengulang materi yang sebelumnya diajarkan, biasanya naik dilakukan pada pertemuan kedua dan diberikan dalam bentuk games.
  3. Pre Teach, adalah aktivitas yang harus dilakukan sebelum aktivitas inti pembelajaran. aktivitas ini berupa penjelasan awal tentang tata cara, prosedur yang haruas dilakukan siswa selama proses pembelajaran.
  4. Scene Setting. Dalam buku Quantum Teachingnya Bobby De porter mengistilahkan ini dengan AMBAK, artinya Apa Manfaatnya Bagiku. Bertujuan membangun konsep awal pembelajaran

Semoga di semester baru ini saya dan juga Anda bisa berbuat lebih baik untuk siswa-siswa kita, mari kita maksimalkan semua potensi dalam diri kita guna mencetak dan melahirkan generasi-generasi emas untuk Indonesia yang lebih baik.

Salam Guru Blogger

Mr. Wahid

About mrwahid

I'm a Teacher in SDIT Islamia

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Mr.Wahid

Pengunjung Online

”amung

Statistik

Alexa Certified Traffic Ranking for mrwahid.worpress.com
Banner 250x250 pxl

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 39 other followers

@My Tweett

Sepercik Embun Hidayah

Setiap penulis akan meninggal. Hanya tulisannya yang akan kekal sepanjang masa. Maka tulislah tulisan yang akan membuatmu bahagia di hari kiamat.

Yusron Fauzi

Pembelajar yang Tak Pernah Pintar

Blog Pendidik

@dwitagama: karakter tumbuh dari pembiasaan

Creative Learner

Learning, Teaching and Story Telling

Catatan wisha

untuk sahabat yang ingin berbagi

Swim to my words... Swim to my world...

Love the life you live... Live the life you love...

SUZIE ICUS PERSONAL BLOG

Education is not preparation for life; education is life itself - John Dewey

mulyana kuningan asri

tak pernah berhenti belajar

Blog Guru Kreatif

Praktisi pelatihan guru dan konsultan manajemen sekolah

kangdidisuradi

siswa yang berkarakter dimulai dari guru yang berkarakter

arebyne

Never Old to Learn

Nunung Nuraida

merekam asa, rasa dan cerita

Myblog.Ies-is

Ikhlas dengan takdirmu..,karena..,Ikhlas itu seperti dalam surat Al Ikhlas

%d bloggers like this: