//
anda sedang membaca...
Catatan Harian, Internet Sehat, Pendidikan

Training for Trainer ICT ITCC Indosat Mencetak Guru Kreatif dan Cerdas Teknologi

TOT ICT Powered By Indosat

Luar biasa.., itulah yang saya dan semua teman-teman guru rasakan selama mengikuti kegiatan TOT ICT pada tanggal 26-27 Desember 2011 yang lalu. Acara tersebut terselenggara berkat kerjasama Komunitas Blogger Bekasi (BeBlog) dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) yang didukung oleh Indosat Peduli Pendidikan. Jadi, bisa Anda bayangkan dua organisasi massa besar di wilayah bekasi ditambah dukungan sponsor yang luar biasa dari Indosat acara sudah pasti akan berlangsung dengan heboh dan seru, selain karena pihak Indosat menyiapkan Indosat Training and Converence Centre (ITCC) yang terletak di Jl. Lurah Kawi, Stasiun Bumi Jatiluhur, Jatiluhur, Jawa Barat sebuah tempat yang menurut saya sangat representatif dengan banyak fasilitas didalamnya sebagai tempat kami untuk belajar, pihak panitia juga menghadirkan pembicara – pembicara hebat yang akan berbagi ilmu dan pengalaman mereka dalam dunia ICT khususnya Blog, Jejaring Sosial, Sosial Media, dan pemanfaatannya dalam pembelajaran kepada seluruh peserta yang berasal dari berbagai wilayah bekasi dan sekitarnya.

Saya sendiri dan mungkin juga teman-teman guru sangat menanti-nantikan acara ini, karena selain ingin mengetahui Training Centrenya Indosat yang di Jati Luhur, menurut saya pribadi acara ini bisa dijadikan obat pelepas lelah di akhir semester ganjil yang cukup padat kegiatan. Namun, tetap niat utama kami adalah ingin belajar untuk menambah ilmu tentang menulis dan pemanfaatan ICT dalam pembelajaran di sekolah.

Sabtu pagi kami berkumpul di Islamic Centre dan panitia sudah menyiapkan dua bus yang akan mengantar kami ke lokasi. Menurut jadwal kami akan berangkat tepat pukul 08.00, Tetapi entah kenapa akhirnya kami berangkat dari Islamic Centre sekitar pukul delapan lebih. Namun, itu tidak menjadikan kami patah semangat untuk mengikuti acara ini. Jarak Bekasi – Jatiluhur sebenarnya tidaklah terlalu jauh, tetapi karena terjadi kemacetan panjang sampai 2 Km yang terjadi akibat terbaliknya sebuah truk bermuatan tanah di KM 28 Tol Cikarang Barat arah Cikampek menyebabkan kami harus menyimpan rasa penasaran kami untuk segera tiba di lokasi. Untunglah bus yang kami tumpangi dilengkapi dengan fasiltas audio visual, sehingga cukup menghibur dan menghilangkan kebosanan kami. Tidak terasa akhirnya bus telah sampai di gerbang tol Jati Luhur, dan Alhamdulillah, tidak lama kemudian saya dan rombongan tiba di Indosat Training and Converence Centre (ITCC) Indosat.

DSC_0002

Kemacetan Di Tol Cikarang (doc.pribadi)

Bahagia dan takjub itulah yang saya rasakan pertama kali saya melihat ITCC Indosat, saya perhatikan perasaan tersebut juga dialami oleh seluruh peserta. Karena begitu tiba saya dan beberapa orang peserta memanfaatkan moment ini untuk berfoto-foto sebagai kenangan atau minimal untuk dijadikan foto profil di facebook kami. Hehe…

DSC_0003

Gedung ITCC Indosat Tampak Depan (doc.pribadi)

FILE0018

Berfose di depan pintu masuk ITCC (doc. Mr. Rofiq)

Setelah melakukan registrasi ulang, kami dipersilakan mengambil kunci kamar sesuai kelompok yang sudah dibagikan oleh panitia selama perjalanan. Setiap kamar berisi 3-4 orang. Karena inisial nama saya ‘W’ akhirnya saya mendapat kamar paling ujung di lantai 2 bersama 3 orang rekan saya. Kemudian panitia mengarahkan kami untuk berkumpul di sebuah aula yang sangat besar mirip ruang rapat DPR/ MPR yang pernah saya lihat di TV. Ohhh.. ternyata nama tempat tersebut adalah Balairung Indosat. Dalam ruangan tersebut sudah tersedia deretan meja dan kursi berbentuk huruf U yang diatasnya sudah tersedia kabel jaringan LAN untuk mengakses internet. Karena waktu sudah terlalu siang akhirnya panita segera membuka acara secara sederhana yang kemudian dilanjutkan dengan makan siang di Kafetaria yang luas. Selanjtnya kami dipersilakan istirahat maupun sholat zuhur dan harus segera kembali ke Balairung tepat pukul 13.00.

ITCC1

Ruang Pelatihan Balairung Indosat (doc. Pak Dian Kelana)

Selepas ISOMA, acara pun dimulai, materi pertama yang kami dapatkanbertajuk Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran yang dibawakan oleh Agus Sampurno. Pak Agus terkenal didunia maya melalui blognya gurukreatif.wordpress.com dan account twitternya @gurukreatif yang tahun ini berhasil menjadi jawara pada ajang Acer Guraru Award 2011. Beliau menjelaskan bahwa guru sekarang ini mau tidak mau sudah harus memanfaatkan ICT dalam proses pembelajaran di kelasnya. Mengapa demikian ? Karena memang sudah zamannya, dimana saat ini guru tidak lagi menjadi satu satunya sumber ilmu pengetahuan.

Dengan Y chart Agus Sampurno mengajak kami berdiskusi tentang 3 kelebihan yang akan didapatkan sekolah dan guru jiika memanfaatkan ICT dalam kegiatan belajar mengajarnya. Hasilnya didapatlah 3 kelebihan tersebut antara lain :

Pertama, pemanfaatan ICT akan terlihat profesional dan mewah. Hal ini sudah barang tentu akan meningkatkan kreadibilitas guru dan lembaga dimata siswa dan orang tua. Kedua ICT akan membuat kegiatan belajar mengajar terasa aktif, asyik dan menyenangkan. Manfaatnya akan dirasakan langsung bagi para siswa, mereka akan merasa nyaman, betah di kelas karena tidak lagi merasa jenuh dan bosan. Ketiga, pemanfaatan ICT akan terdengar modern, guru dan lembaga tidak lagi dipandang kuno apalagi gaptek.

Namun, dibalik kemudahan dan manfaat yang akan kita rasakan dari ICT Agus Sampurno di akhir presentasinya kembali menekankan pentingnya kontrol dari guru dan orang tua, para siswa harus tetap di kontrol dan diarahkan dalam menggunakan dan memanfaatkan ICT. Karena peran guru dikelas tidak dapat tergantikan, guru tetap mempunyai peran yang sangat vital dan harus tetap menjadi orang dewasa di kelas yang harus mampu memilah dan memilih kemudian menimbang informasi yang akan diberikan kepada siswa-siswanya.

100_0106

Agus Sampurno Sedang Menyampaikan Materi I

Setelah sesi Pak Agus selesai pembicara kedua tidak kalah hebatnya, beliau adalah Dr. Sony Teguh Trilaksono, M.Ed, MBA, seorang Praktisi dan Pengamat Pendidikan yang juga menjabat sebagai President Director dari Kopindosat. Dalam presentasinya yang bertajuk BELAJAR DENGAN TEKNOLOGI SEBUAH ALTERNATIF MENUJU MASYARAKAT BERPENGETAHUAN GLOBAL mempertegas apa yang telah disampaikan Pak Agus Sampurno betapa pentingnya guru memahami dan menguasai penggunaan teknologi. Di awal presentasinya beliau menyampaikan salah satu indikator lingkungan masyarakat berpengetahuan adalah masyarakat yang kritis, kondusif, dan adaftif terhadap berbagai perubahan sehingga siap menghadapi globalisasi, yang pada akhirnya memacu minat belajar, inovasi, dan kreatifitas yang tinggi dan wawasan luas, kemudian akan banyak menghasilkan karya-karya cipta yang kreatif dan inovatif.

100_0111

Dr. Sony selalu menyelipkan humor segar yang membuat suasana heboh

Dr. Sony lebih lanjut menjelaskan Mengapa kita perlu masyarakat berpengetahuan di Era global, beberapa orang bijak memberikan pandangan saat ini kekuatan otak (Brain Power) lebih berperan dari kekuatan otot (brute power), kekayaan alam tidak lagi penting dalam meningkatkan sumber daya ekonomi yang lebih berperan adalah kekayaan pola pikir. Tidak ada negara yang bangkrut yang ada hanyalah tersingkir karena tidak lagi mampu mengikuti arus perubahan. Dan mengetahui lebih banyak (Know more) lebih bernilai dari pada mempunyai lebih banyak (Have more).

Tidak bisa dipungkiri ICT makin menunjukkan perannya dalam masyarakat global, lihat saja saat ini kehidupan kita dikelilingi oleh teknologi, mulai dari Internet Banking, On Line Reservation, E-Government, On Line Shopping, dan lain-lain. Jelaslah peran dan dukungan teknologi sangat diperlukan dalam sistem pendidikan nasional. Pemanfaatan teknologi dalam sistem pendidikan secara tidak langsung akan mengurangi gap antara output dengan tuntutan eksternal dalam hal ini dunia industri. Penerapan ICT juga akan mempengaruhi jiwa dan perkembangan peserta didik, mereka akan jauh lebih siap menghadapi perubahan, memiliki wawasan dan keterampilan global seperti Integratif, Aplikatif, Komunikasi budaya, pengembangan intelektual ditambah emotional dan adversity skill. Terakhir mereka akan memiliki sikap atau perilaku yang cenderung dinamis, Proaktif, Kreatif, Inovatif, survive, dan memiliki jiwa Intrepreneur.

Di akhir sesi presentasinya Dr. Sony menjelaskan kepada kami tentang tipe tipe seorang guru melalui questioner yang diberikan kepada para peserta, alat tesnya cukup sederhana karena kami hanya diperintahkan mencontreng beberapa pernyataan yang paling sesuai dengan kepribadian kami di atas lembar jawaban yang dibagikan panitia. Dengan gaya penyampaiannya yang sangat bersahabat dan terkadang membuat kami tertawa, beliau banyak memberikan kepada kami semua motivasi untuk tetap tegar dan selalu berpikir untuk berubah menjadi lebih baik.

Tak terasa waktu sudah semakin sore, para peserta semakin semangat dan antusias mengikuti jalannya acara, karena di setiap akhir sesi panitia membagikan doorprize kepada setiap peserta yang berani menjawab pertanyaan dari pembicara. Hadiahnya pun sangat menarik yaitu berupa dongle dari Indosat. Hmm.. sayang sekali, hampir saja saya mendapatkannya namun ternyata belum rezeki saya.

Setelah rehat sejenak untuk shalat Ashar, sesi selanjutnya adalah Creative Blogging Wit Indosat yang disampaikan oleh Pak Elga Yulwardian dari Dept. Head Media Partnership PT. Indosat, Tbk. Ditemani oleh Muhammad Hafidullah (Kang Hafid) seorang CEO PT. Codesign Indonesia sebuah perusahaan pengembang Aplikasi berbasis Web (Web Base Aplication Developer). Presentasi mereka sangat menarik, karena membahas seputar perkembangan internet dan dunia blogging. Apalagi ketika ditayangkan sebuah tayangan tentang Pranav Mistry, seorang jenius asal India yang berhasil mengembangkan Internet masa depan yang dikenal dengan SixthSense Technology, pembaca bisa lihat tayangan video tersebut pada tautan link berikut ini (Pranav Mistry: The thrilling potential of SixthSense technology). Saya dibuat takjub dan baru mengetahui bahwa perkembangan internet sudah sejauh itu. Luar Biasa !!

Mas Elga sedang menjelaskan Creative Bloggi With Indosat

Pranav Mistry sedang mendemonstrasikan hasil temuannya yang akan mengguncang dunia

Selanjutnya kang Hafid selaku rekanan Indosat menyampaikan sebuah rencana yang sangat luar biasa yang akan dibuat Indosat untuk para blogger se-Indonesia. Beliau menyatakan di tahun 2012 nanti Indosat akan memperkenalkan sebuah  Community dengan nama Blogger Merah Putih. Nantinya para blogger seluruh Indonesia akan bergabung dalam komunitas ini, dan yang akan menjadi pilar utama adalah blogger guru. Selanjutnya Kang Hafid menjelaskan nantinya blogger Merah putih akan mengadakan rangkaian Workshop di 25 kota, Blogger Merah putih memiliki kurikulum yang akan membagi setiap peserta berdasarkan level kemampuannya. Yang menarik Blogger Merah Putih akan mengajak kita menjadi blogger yang dapat menghasilkan, akan ada kompetisi, dan ada direktori yang akan sangat membantu blog kita bisa dikenal oleh masyarakat luas.

Sesi selanjutnya adalah “Menulis dan Mengelola Blog Secara Kreatif “ yang dibawakan oleh Pak Dedi Dwitagama, Beliau adalah Headmaster di SMKN 29 Jakarta, beliau juga seorang Trainer, Motivator, Blogger, dan juga Fotografer. Saya pribadi sangat mengagumi dan menyukai beliau dalam setiap presentasinya, gaya penyampaiannya sangat menarik sehingga membuat saya dan seluruh peserta waktu itu sangat menikmati apa yang beliau presentasikan.

Pak Dedy dengan Gayanya yang santai membuat kami terhanyut menyimak materi yang disampaikanya

Dalam presentasinya Pak Dedi Dwitagama lebih memotivasi kami untuk kreatif dalam memanfaatkan blog. Diawal presentasinya beliau menyebutkan nama-nama guru yang nge-Blog, mereka diantaranya Agus Sampurno (Guru SD Global Jaya), Etty List (Guru SMP), Bustamam Ismail (Guru Agama di sebuah SMK), Budi Rahardja (Dosen ITB). Beliau menjelaskan setiap guru bisa sukses menjadi seorang blogger. Kuncinya ada berani menulis dan mempertahankan mood untuk selalu menulis. Dalam menulis tidak perlu banyak cukup 1-3 alinea selanjutnya lengkapi dengan gambar.  Untuk seorang blogger pemula beliau menyarankan agar selalu menulis apa saja yang dilihat dan ingin ditulis, dan lama-kelamaan blogger pemula akan berjalan sendiri dan menemukan spesialisasinya. Selanjutnya jangan pernah berhenti lakukan terus menerus.  Agar tidak kehabisan ide, seorang blogger bisa mendapatkan dari berbagai media cetak maupun elektronik, yang kemudian di hubungkan dengan tulisan kita.

Pak Dedy selanjutnya menjelaskan kepada kami langkah-langkah menjadi blogger sukses diantaranya adalah  memiliki kemauan yang kuat untuk sukses. Kedua Memiliki kemauan untuk merubah mindset, Ketiga menjalin koneksi, karenauntuk berkembang kita harus terkoneksi saling berbagi dan bekerja sama. Diakhir sesi Pak Dedy membuka forum sharing yang ditanggapi dengan antusian oleh para peserta. Selanjutnya kami break untuk sholat maghrib kemudian makan malam. Rehat sejenak ini dimanfaatkan saya dan sebagian peserta untuk berfoto-foto ria bersama para trainer yang hari itu menjadi seleb dadakan, selain untuk dokumentasi pribadi foto bersama mereka juga bisa dijadikan motivasi untuk bisa mengikuti jejak-jejak mereka.

Narsis Bareng Para Trainer, dan Panitia

Kini kami tiba pada sesi terakhir di hari pertama, setelah rehat untuk mandi, shalat maghrib, dan makan kamipun segera memenuhi Balairung Indosat untuk melanjutkan materi selanjutnya. Tampak di ruang tersebut Pak Hasan Chabibie dari Pustekkom Kemdikbud sudah siap untuk menyampaikan materi tentang Tantangan ICT dalam dunia pendidikan. Beliau banyak mengungkapkan fakta dengan menghadirkan data-data statistik tentang penggunaan ICT. Berdasarkan data terakhir diperoleh pengguna Internet di Indonesia mencapai 39.600.000 dari total populasi 273.556.363 dengan penetrasi internet sebesar 17%. Fakta menariknya ternyata Indonesia menyumbang 20.8% twitter dunia.

Tetapi akses Internet yang semakin luas ini tidak dapat dimanfaatkan prosesnya secara maksimal. Ini dibuktikan dengan penemuan kata-kata kunci yang berbau pornografi dalam penelusuran gambar di google, dan jika kita melakukan pencarian web di Google dengan kata kunci “siswi” “mahasiswi” dan “SMU” isinya adalah informasi yang berbau negatif. Beliau menekankan tugas kitalah sebagai pendidikan untuk menciptakan e-pembelajaran dan konten-konten pembelajaran yang mengandung teks, grafis, Audio, animasi, video,games, simulasi sesuai kebutuhan jenjang masing-masing. Contoh-contoh konten pembelajaran berbasis web dapat diakses di situs Rumah Belajar yang telah di kembangkan Pustekkom. Disana ada sekitar 600 animasi, sekian ribu gambar, sekian 1.200 materi pelajaran dari jenjang SMP-SMA, untuk jenjang SD masih sangat sedikit karena masih dalam pengembangan.

Pak Hasan Mengungkap Fakta Bahwa Indonesia Menyumbang 20% Twitter Dunia

Selanjutnya, Om Jay kebagian  mengisi materi terkahir tentang praktik menulis di blog. Om Jay meminta kami untuk menuliskan kembali apa yang sudah didapatkan hari ini. Beliau memberikan tips dalam menulis diantaranya dalam menulis jangan banyak takut salah, tulislah apa saja yang ada di dalam kepala kita, selanjutnya menulis jangan dijadikan beban, nikmati saja dan biarkan mengalir seperti air. Semua peserta pun tampak serius melaksanakan tugas ini, bahkan hingga sampai di kamar masing-masing kami terus melanjutkan menulis.

Waktu sudah semakin larut, namun sepertinya saya masih keasyikan menuliskan reportase yang ditugaskan Om Jay. Memang benar ternyata menulis itu mengasyikkan jika tidak kita jadikan sebagai beban. Setelah TOT ini semoga kegiatan menulis akan menjadi hoby baru dan kebutuhan saya.

Setelah rasa tulisan saya cukup bagus untuk diposting di blog, saya pun akhirnya menyusul rekan saya yang tampak sudah terhanyut dalam dunia mimpi. Suasana malam yang semakin dingin dan sunyi membuat kami tertidur sangat pulas, saya kaget saat terbangun ternyata waktu menunjukkan pukul 5 pagi, saya pun bergegas untuk melaksanakan shalat subuh, kemudian mencoba membangunkan rekan saya yang terlihat masih berselimut. Setelah shalat, dan mandi air hangat, saya segera keluar untuk berolah raga dan menghirup udara pagi yang sangat sejuk.

Rencannya di pagi hari kita mau olahraga dan outbound bersama, tapi karena suasana mendung dan turun gerimis akhirnya peserta memilih jalannya masing-masing. Peserta wanita tampak kreatif dengan menggadakan senam pagi bersama, ada juga diantara mereka yang mengisi pagi ini dengan bernarsis ria dengan berfoto-foto. Bapak-bapak lebih memilih memanfaatkan semua fasilitas yang ada di ITCC Indosat, ada yang bermain billyard, tenis meja, fitness, dan berenang. Saya lebih memilih foto-foto keadaan alam sekitar ITCC, sebenarnya ingin sekali berenang tapi saya tidak membawa pakaian lebih, akhirnya saya hanya menjadi penonton menyaksikan Om Jay yang saat itu sedang berenang, kemudian disusul oleh rekan-rekan yang lain menemani Om Jay.

Om Jay dan rekan peserta menikmati waktu pagi dengan renang

Setelah berolahraga dan mandi para peserta menuju kafetaria untuk sarapan pagi. Tepat pukul 07.30 kami segera memenuhi ruang Balairung Indosat untuk menerima materi selanjutnya. Pagi ini kami dapat ilmu tentang Pemanfaatan Sosial Media yang dibawakan oleh Ibu R.A Nunuk, P seorang Dosen FKUI dan Blogger aktif, beliau sering di sapa mba Ajeng. Beliau menjelaskan tentang trend jejaring social dan social media serta bagaimana pemanfaatannya.

Diawal presentasinya beliau menyatakan bahwa kita sekarang berada di era Soc-Med, dimana sudah zamannya kebebasan (‘Free Mind’), setiap orang bisa memiliki pengaruh bagi orang lain (‘Every Users Voice Has Influence’), dan setiap orang hidup selama 24 jam ( All of “Me” online). Tetapi trend ini memunculkan bahaya setiap orang dapat menyembunyikan karakter di dalam dunia maya sehingga muncullah ‘Multiple e- identity sindrom’ atau sindrom identitas ganda.

Perkembangan jejaring social dalam hal ini Facebook Mba Ajeng menyatakan dalam presentasinya bahwa FB menjadi salah satu situs jejaring social yang mengalami perkembangan sangat pesat, bahkan pengguna di Indonesia sudah menduduki peringkat kedua. Hal ini lah yang mendorong setiap perusahaan memanfaatkan trend ini untuk meningkatkan nilai jual mereka di mata konsumen. Karena bagi mereka trend ini memiliki Benefit atau keuntungan, benefitnya antara lain :

  • Better relationship
  • Customer Loyalty
  • Site Traffic
  • Happy Clients
  • New Customers

Soc-Med dan Je Ja Sos inilah yang saat ini menjadi trend dunia dan kehadirannya sempat menggeser blog, namun pada akhirnya keduanya justru menjadi pelengkap, berkolaborasi dan saling mendukung. Karena menurut beliau Soc-Med ataupun Je Ja Sos justru bisa kita manfaatkan untuk menaikkan traffic blog kita.

Materi selanjutnya yang tidak kalah penting bagi seorang blogger adalah penggunaan domain berbayar yang dibawakan oleh mas Vavai, beliau adalah seorang trainer di bidang IT dan juga aktif sebagai blogger sukses. Mas Vavai sebelumnya menjelaskan beberapa keuntungan menggunakan domain dan hosting berbayar diantarnya blog kita akan lebih mudah di kenal, dan bisa lebih mendunia, juga bisa kita gunakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan seperti yang beliau lakukan. Namun penggunaan domain berbayar ini tidak cocok jika :

– Tidak rutin ngeblog

– Pelit bin medit😉

Selanjutnya mas Vavai mengajarkan kami beberapa langkah untuk mengganti blog kita dengan domain berbayar, langkahnya cukup simple cukup dengan mencari situs penyedia layanan domain/ hosting, kita pesan domainnya, sewa hostingnya, kemudian setelah proses administrasi selesai kita akan dapatkan hak akses untuk menggunakan control panel area, setelah itu kita hanya tinggal menginstall wordpress dengan fasilatas fantastico yang kebanyakan sudah tersedia di area cpanelnya. Langkah terakhir kita tinggal menulis.

Mas Vavai sedang memberikan tips membuat blog dengan domain berbayar

Mas Vavai juga memberikan tips saat kita hendak membuat domain, diantaranya lebih baik gunakan domain .com, pilih nama domain yang singkat, dalam membuat domain sebaiknya tidak menggunakan karakter khusus, jika domain yang kita inginkan sudah ada yang miliki hindari membeli secondary domain, dan pertimbangkan jika hendak menggunakan domain .id

Setelah mas vavai mempraktekkan langsung kepada kami langkah-langkah dalam membuat domain dari awal sampai siap digunakan, ternyata memang membuat domain itu tidaklah terlalu sulit. Meskipun bisa saja kita memesan langung kepada penyedia layanan dan kita tinggal terima jadi, Namun tidak ada salahnya kita mencoba buat sendiri hitung-hitung untuk belajar.

Waktu hampir menunjukkan pukul 12 siang, saatnya sesi ISHOMA. Tetapi sebelumnya panitia mengumumkan pemenang lomba live tweet selama acara TOT ini berlangsung. Terpilih tiga orang pemenang yang semuanya dari kelompok wanita. Selamat kepada para pemenang, semoga hadiahnya bermanfaat untuk bisa terus ngeBlog.

Waktunya break untuk makan dan shalat. Panitia mengingatkan kami agar sekalian beres-beres karena setelah sesi terakhir kami akan kembali ke bekasi. Setelah makan dan shalat saya pun segera beres-beres, setelah itu segera kembali menuju ruang Balairung Indosat.

Sesi terakhir ini kami dibekali kembali praktek blog lanjutan yang di fasilitasi oleh mas Irfan JZ. Dalam praktek lanjutan ini beliau mengajarkan cara menghias wordpress kita, seperti memasukkan gambar, penempatan read more, membuat page. Lagi-lagi dalam praktek kali ini kami mendapat kendala karena adanya gangguan koneksi yang lambat. Untung saya dan beberapa peserta ada yang membawa modem sendiri. Semoga lain kali hal ini bisa diatasi ya…

Setelah sesi terakhir selesai, selanjutnya panitia dipimpin oleh Om Jay mengajak kami untuk berdialog tentang kegiatan hari ini, kemudian diakhiri dengan pembagian sertifikat pelatihan. Setelah semua selesai kami segera menuju bus untuk kembali ke Bekasi.

Sebelum pulang rencananya kami akan mengunjungi waduk Jati Luhur, tetapi karena pertimbangan panitia sudah terlalu sore dan takut terkena macet, akhirnya kami mengunjungi Stasiun Bumi milik Indosat yang lokasinya tidak jauh dari gedung ITCC.

Begitu tiba disana, Woww… luar biasa, pesaraan takjub saya ketika melihat parabola-parabola raksasa berjejeran di Stasiun Bumi ini. Saya tidak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk diabadikan dengan kemara saku saya, semua peserta pun tampak sangat antusias.

Mejeng didepan salah satu parabola di Stasiun Bumi Indosat

Kedatangan kami disambut oleh tim dari Indosat, salah satu dari mereka menjelaskan kepada kami tentang sejarah pendirian Stasiun Bumi ini. Kemudian kami diarahkan ke ruang pengendali satelit Palapa D milik Indosat, disana kami melihat sebuah ruangan khusus banyak sekali monitor-monitor TV dengan beberapa orang sedang bekerja didalamnya. Di sini kami pun diberikan penjelasan tentang satelit Palapa D yang ternyata diproduksi di Prancis oleh Thales Alenia Space France (TAS-F) dengan garansi operasi selama 15 tahun. Satelit ini diluncurkan di China pada tanggal 31 Agustus 2009 dengan jangkauan mencakup Indonesia, negara-negara ASEAN, Asia Pasifik, Timur Tengah dan Australia. Saat diluncurkan satelit Palapa-D memiliki berat 4100 kg dan tenaga payload sebesar 6 Kw.

Akhirnya, usai sudah kegiatan TOT ICT bersama BeBlog, IGI Bekasi, dan Indosat. Sehari disini sangat tidak terasa karena kami sangat menikmati acara ini. Saya yakin semua peserta pasti mengalami perasaan yang sama. Saatnya kembali ke Bekasi dengan bekal banyak ilmu yang telah kami dapat.

Semoga kegiatan ini dapat melahirkan trainer dan blogger guru yang hebat, TOT ICT ini akan mampu mencetak guru-guru yang kreatif dan cerdas teknologi, kreatif dalam memanfaatkan ICT untuk meningkatkan minat belajar dan prestasi siswa-siswanya.

Terima kasih banyak kepada seluruh panitia dari Blogger Bekasi dan IGI bekasi yang telah menyelenggarakan event yang luar biasa ini. Tidak lupa juga kami menyampaikan banyak terima kasih kepada pihak Indosat sebagai sponsor utama, kami berharap Indosat tidak berhenti sampai disini untuk terus mendukung kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan mutu pendidikan Indonesia. Semoga Indosat semakin maju dan sukses selalu.

Sekian, Salam Guru Blogger

About mrwahid

I'm a Teacher in SDIT Islamia

Discussion

23 thoughts on “Training for Trainer ICT ITCC Indosat Mencetak Guru Kreatif dan Cerdas Teknologi

  1. Gee, subhanallah…sure that it’s amazing event that be your experience you’ve ever taken right?

    Posted by Nina Nursartika | January 3, 2012, 10:32 am
  2. Mr Wahid Hasyim.S🙂

    Posted by Siti Aisyiah Rangkuti | January 3, 2012, 12:04 pm
  3. Amazing Post, Pak! Lengkap dan sangat informatif! Well done!😀 I like it

    Posted by Nunung Nuraida | January 3, 2012, 2:01 pm
  4. Wowww…lengkap sekali reportasenya pak……saluttttt…….terus ngeblog dan berbagi ya pak….

    Posted by Yosephine Sri A | January 4, 2012, 3:16 am
  5. Keren Pak…

    Posted by M Arbain Arizandy | January 5, 2012, 5:55 am
  6. sip pak, saya doakan menang pak, tapi jangan lupa pak bagi komisi ke fotografernya..

    Posted by mrrofik | January 9, 2012, 4:28 am
  7. wow lengkap banget liputannya. keren abis euy!

    salam
    Omjay

    Posted by wijaya kusumah | January 18, 2012, 11:09 am
  8. wah yang memfoto na koq ga di tulis nama na..:(..
    tapi gpp lah yang penting salluuut for u bro….

    Posted by paarief08. apee | January 18, 2012, 11:31 am
  9. mudah-mudahan menaaaaaannggg…………oce…

    Posted by paguruarief.wordprees.com | January 18, 2012, 11:33 am
  10. wwwaaaahhhhhhh…..salut to u bro….
    congrate ya…jangan lupa traktiran…hhehehehehhe

    Posted by paguruarief.wordprees.com | January 18, 2012, 3:23 pm
  11. selamat ya pa,,, menang nih..nice reportation

    Posted by Siti Mugi Rahayu | January 19, 2012, 1:20 am
  12. selamat pak wahid ..makan2🙂

    Posted by suzieicus | January 19, 2012, 1:59 am
  13. salam untuk pak rofik, dulu sama2 ngajar di SDIT Baitul Halim

    Posted by ika | January 20, 2012, 9:00 am
  14. Tingkatkan terus kreatifitas, optimalkan kinerja SDM dan pemanfaatan ICT untuk pendidikan. Mampir di blog http://pcahyono.blogspot.com/
    Salam kreatif…

    Posted by P. Cahyono | January 20, 2012, 9:07 am
  15. Alhamdulillah, menang…

    Semoga hadiah ini bermanfaat, dan bisa membuat saya termotivasi untuk selalu menulis dan berbagi.
    Terimakasih kepada Komunitas Blogger Bekasi, IGI Bekasi, dan Indosat yang telah menyelenggarakan event ini.

    Salam Guru Blogger.

    Posted by mrwahid | January 18, 2012, 3:21 pm

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Pengumuman Pemenang Lomba Blog | Komunitas Blogger Bekasi - January 18, 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Mr.Wahid

Pengunjung Online

”amung

Statistik

Alexa Certified Traffic Ranking for mrwahid.worpress.com
Banner 250x250 pxl

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 39 other followers

@My Tweett

Sepercik Embun Hidayah

Setiap penulis akan meninggal. Hanya tulisannya yang akan kekal sepanjang masa. Maka tulislah tulisan yang akan membuatmu bahagia di hari kiamat.

Yusron Fauzi

Pembelajar yang Tak Pernah Pintar

Blog Pendidik

@dwitagama: Karakter tumbuh dari pembiasaan

Creative Learner

Learning, Teaching and Story Telling

Catatan wisha

untuk sahabat yang ingin berbagi

Swim to my words... Swim to my world...

Love the life you live... Live the life you love...

SUZIE ICUS PERSONAL BLOG

Education is not preparation for life; education is life itself - John Dewey

mulyana kuningan asri

tak pernah berhenti belajar

Blog Guru Kreatif

Mitra dalam wujudkan sekolah yang efektif dan guru yang profesional

kangdidisuradi

siswa yang berkarakter dimulai dari guru yang berkarakter

arebyne

Never Old to Learn

Nunung Nuraida

merekam asa, rasa dan cerita

Myblog.Ies-is

Ikhlas dengan takdirmu..,karena..,Ikhlas itu seperti dalam surat Al Ikhlas

%d bloggers like this: