Resolusi Tahun Baru 2012 Untuk Hidup Lebih Hidup

 

“Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Maha teliti terhadap apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Hasyr [59]: 18)

Berdasarkan ayat tersebut, kita diperbolehkan menggagas resolusi. Orang-orang produktif biasa melakukannya di akhir tahun. Karena resolusi akan menjadi pilar untuk menentukan tujuan yang yang ingin diraih di tahun yang bakal kita lalui. Sebagai orang yang berprofesi sebagai guru menuntut saya untuk menyukai kegiatan belajar. Karena ada sebuah ungkapa “Berhentilah mereka yang berprofesi sebagai guru jika mereka kurang suka belajar”.

Kebetulan dalam sistem pendidikan di Indonesia pergantian tahun berarti diikuti pergantian semester. Jadi saat yang tepat untuk kembali merancang hal apa yang jadi tujuan di tahun atau semester berikutnya.

Di Tahun ajaran ini saya mengemban tugas sebagai manajemen sekolah Bidang Kurikulum, selain itu saya juga mengajar kelas 5 dan 6 SD dimana tingkatan tersebut menyiapkan mereka untuk sukses dalam ujian akhir. Dengan tugas saya tersebut, saya pun menuliskan resolusi yang Insya Allah membuat saya bisa sukses sebagai pelayan guru dan sukses sebagai guru yang mengajar siswa abad 21.

Saya akan mulai dengan hal pertama, anda juga boleh memberi komentar bahkan memberikan link resolusi yang anda buat di blog anda.

  1. Saya berusaha untuk menjadi manajemen yang pandai mengatur waktu, pekerjaan sebagai manajemen sekolah menuntut saya untuk pandai dalam  manajemen waktu. Karena selain berfungsi sebaga manajemen saya juga masih harus menjalani tugas mengajar 8 kelas atau 16 jam dalam 5 hari kerja.
  2. Saya ingin lebih baik lagi dalam hal melayani, dan membantu para guru. Memberikan solusi, menjadi partner mereka dalam meningkatkan pelayanan prima kepada siswa dan orang tua.
  3. Saya berusaha untuk berkomunikasi efektif dengan atasan, rekan kerja, siswa, dan orang tua. Komunikasi efektif disini berarti saya mencoba menjadi pendengar yang baik, menerima dengan lapang dada setiap saran dan kritikan,
  4. Dalam hal mengajar saya lebih banyak menggunakan jenis dan metode pembelajaran yang menuntut kreativitas saya sebagai fasilitator di kelas. Begitu juga dengan penilaian, saya ingin menggunakan berbagai jenis dan metode, agar terjadi penilaian yang obyektif dan dapat terus memantau perkembangan siswa dikelas.
  5. Sebuah hal yang menantang yang harus saya perbuat adalah tidak lagi melihat besar kecilnya gaji. Tugas yang begitu berat terkadang membuat saya berhitung. Mengapa pekerjaan sebanyak ini saya hanya dibayar sekian ? Karena saya baru menyadari, ternyata semua tuagas yang kita kerjakan sebenarnya ia menjadi lonjakan untuk kita naik kelas alias bertambah ilmu dan bertambah pengalaman.
  6. Mengefektifkan teknologi yang lebih safety dan dari yang mungkin serta paling mudah. Hampir semua siswa saya sudah mengenal Internet dan sebagian besarnya sudah memiliki hand phone ataupun smart phone. Di tahun ini saya ingin mendesain pembelajaran yang bisa menggunakan semua itu
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s