//
anda sedang membaca...
Catatan Harian

Inilah Repleksi Saya Selama Tahun 2011

Menyambut tahun baru banyak orang-yang menuliskan resolusinya, akhirnya saya tahun ini juga ikutan deh. Memang penting ternyata menuliskan resolusi di awal tahun baru, tujuannya adalah agar hidup kita memiliki arah dan tujuan yang jelas, dan belajar dari kegagalan kita di tahun sebelumnya.

Sebelum menuliskan resolusi sebaiknya kita juga harus menuliskan repleksi tahun sebelumnya. Repleksi lawan dari resolusi. Repleksi menuliskan apa saja yang telah kita perbuat di tahun sebelumnya. Berikut ini adalah repleksi saya :

  1. Tahun 2011 adalah tahun keempat saya menjadi seorang guru, artinya saya masih tergolong anak bawang.  Saya belajar dan terus meningkatkan kompetensi saya sebagai guru. Caranya dengan memanfaatkan waktu yang saya punya. Menyisihkan gaji untuk membeli buku setiap bulannya, mengikuti berbagai  workshop dan pelatihan pembelajaran. Saya juga memanfaatkan media blog sebagai sarana saya belajar. Salah satu blog favorit saya antara lain : gurukreatif.wordpress.com dan wijayalabs.com
  2. Saya masih mencari-cari metode dan strategi pembelajaran yang tepat di setiap kelas yang saya ajar.Saya mencoba menjadi guru yang kreatif dalam merancang metode pembelajaran. Namun, terkadang semua tidak terencana dengan baik, banyak yang serba dadakan dan tanpa persiapan.
  3.  Saya masih belajar untuk tertib administrasi, karena dalam hal ini saya masih kerepotan dalam membuat administrasi kelas, seperti Lesson Plan (RPP), analisis evaluasi, administrasi remedial dll.
  4. Saya berusaha menjadi guru yang selalu berpikir positif dalam berbagai hal. Seperti menanggapi complain dari siswa, orang tua, rekan kerja, dan yayasan. Setiap mendapatkan anak didik saya yang jauh tertinggal, saya berusaha untuk tidak menyalahkan mereka sebelum saya instropeksi terhadap gaya dan metode  pengajaran saya.
  5. Saya belajar dan mulai mempergunakan teknologi dalam pembelajaran, Namun belum berjalan maksimal. Karena belum terjadwal dengan baik, sehingga konten-konten dalam blog jarang terupdate.
  6. Setelah mendapat amanah untuk menjadi Kurikulum, saya masih banyak melakukan kesalahan dalam hal pengambilan keputusan, komunikasi yang kurang efektif terhadap atasan dan rekan kerja satu hal yang harus saya perbaiki.
  7. Pekerjaan yang menumpuk terkadang membuat saya frustasi untuk segera menyelesaikannya, manajemen waktu masih harus saya perbaiki.

Untuk menjadi guru yang berhasil saya yakinkan diri saya untuk terus belajar dari hal yang telah saya lakukan di tahun lalu. Karena hal yang palling penting bukanlah keberhasilan dalam mengajar tetapi juga proses atau jalan untuk mencapai keberhasilan.

Beberapa hal di atas adalah refleksi saya, bagaimana dengan anda ?

About mrwahid

I'm a Teacher in SDIT Islamia

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Mr.Wahid

Pengunjung Online

”amung

Statistik

Alexa Certified Traffic Ranking for mrwahid.worpress.com
Banner 250x250 pxl

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 39 other followers

@My Tweett

Sepercik Embun Hidayah

Setiap penulis akan meninggal. Hanya tulisannya yang akan kekal sepanjang masa. Maka tulislah tulisan yang akan membuatmu bahagia di hari kiamat.

Yusron Fauzi

Pembelajar yang Tak Pernah Pintar

Blog Pendidik

@dwitagama: karakter tumbuh dari pembiasaan

Creative Learner

Learning, Teaching and Story Telling

Catatan wisha

untuk sahabat yang ingin berbagi

Swim to my words... Swim to my world...

Love the life you live... Live the life you love...

SUZIE ICUS PERSONAL BLOG

Education is not preparation for life; education is life itself - John Dewey

mulyana kuningan asri

tak pernah berhenti belajar

Blog Guru Kreatif

Praktisi pelatihan guru dan konsultan manajemen sekolah

kangdidisuradi

siswa yang berkarakter dimulai dari guru yang berkarakter

arebyne

Never Old to Learn

Nunung Nuraida

merekam asa, rasa dan cerita

Myblog.Ies-is

Ikhlas dengan takdirmu..,karena..,Ikhlas itu seperti dalam surat Al Ikhlas

%d bloggers like this: