Konsisten Kunci Sukses Seorang Blogger (Liputan ToT Pemanfaatan ICT 2)

Creative Mengelola dan Menulis Blog Bersama Dedy Dwitagama

Semakin sore mengikuti acara TOT ICT ini semakin banyak ilmu yang didapat, selain itu juga menambah motivasi kami untuk terus menjadi guru kreatif dengan memanfaatkan  blog. Sesi selanjutnya kami mendapat materi Creative Blogging with Indosat dengan pembicara Elga Yulwardian dan Enddy J Kurniawan. Mereka berdua memaparkan tentang keajaiban blog yang bisa merubah hidup seseorang, sebagai contoh noahkalina.com seorang fhoto blogging sejati yang kreatif memfhoto dirinya untuk dipublikasikan. Kemudian Matt seorang programmer dari Australia yang bisa keliling dunia secara gratis gara-gara ngeblog. Tidak perlu jauh-jauhlah semua pembicara di TOT ICT ini juga telah membuktikan keajaiban dari Ngeblog.

Dalam sesi lanjutan dengan tema menulis dan mengelola blog secara kreatif oleh Pak Dedy Dwitagama lebih memotivasi kami. Karena beliau memberikan fakta bahwa setiap guru SD, SMP, SMK sampai Dosen bias menjadi sukses dengan menjadi guru blogger. Kuncinya adalah kemauan, jika kita mau kita pasti bisa.

Setelah timbul kemauan selanjutnya kita harus menjaga mood untuk selalu konsisten menulis dan mengupdate blog kita. Karena  kesulitan yang dialami blogger pemula adalah sulit mempertahankan mood untuk konsisten menulis. Untuk itu dalam materi yang pak Dedy bawakan, beliau memberikan langkah-langkah dan tips  sebagai blogger pemula, diantaranya

  1. Berani dan mau menulis apapun, tentang apa saja yang dekat dengan dunia kita,
  2. Lakukan secara konsisten dan terus menerus. Tidak perlu banyak, cukup 1-2 alinea saja setelah itu lengkapi dengan fhoto. Jika dilakukan terus menerus dengan sendirinya kita akan menemukan gaya penulisan kita yang disukai pembaca, kemudian 2-3 tahun sukses akan datang dengan sendirinya.

Setidaknya itulah yang dialami oleh Om Jay ,Pak Agus Sampurno, dan Pak Dedy sendiri mereka membuktikan sendiri dengan penghargaan sebagai blog pendidikan terbaik dari ajang Acer Guraru Award 2011.

Bagaimana mendapatkan Ide ?

Saat ini, untuk mendapatkan ide dan informasi kita tidak harus berlangganan surat kabar, cukup dengan membuka situs-situs seperti detik.com, vivanews.com, okezone.com kita bisa mendapatkan informasi yang kemudian bisa dihubungkan untuk menjadi bahan dalam tulisan kita. Pak Dedy menjelaskan bahwa menjadi kreatif perlu dorongan dan paksaan dari dalam diri kita sendiri, untuk dapat kreatif dalam menulis kita juga perlu hobi membaca, karena tulisan kita adalah bentuk nyata dari pikiran kita. Oleh karena itu, isilah pikiran dengan informasi-informasi berharga yang dapat kita lakukan dengan banya membaca, kemudian berbagilah untuk para pembaca blog kita.

Saya menilai pelatihan TOT ICT ini luar biasa berjalan sukses, selain mendapat ilmu baru dari para pakar, kami juga banyak mendapat motivasi dan pengalaman dari para pemateri , panitia, dan juga dari sesame peserta. Kami semua disini bertekad akan menjadi lebih produktif dalam menulis dan mengelola blog untuk memperbanyak konten-konten edukatif yang selanjutnya dapat diakses oleh para siswa untuk kebutuhan belajar mereka. Selamat berkarya dan salam Guru Blogger.

 

Advertisements

One thought on “Konsisten Kunci Sukses Seorang Blogger (Liputan ToT Pemanfaatan ICT 2)

  1. betul sekali,pak bahwa membaca adalah modal kita untuk menulis. tetapi tentunya juga keterampilan menyimak dan berbicara kita perlu kita asah juga. karena dari menyimak kadang ide kreatif kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s