Ada Apa di Training Of Trainer ICT di ITCC Indosat Purwakarta (1)

Setelah sukses dengan pelatihan blog gelombang 1 dan 2, IGI Bekasi kembali berkolaborasi dengan komunitas blogger bekasi dan masih didukung oleh indosat mengadakan tindak lanjut dari pelatihan tersebut dengan mengadakan Training Of  Trainer ICT yang diselenggarakan di Indosat Training and Converence Centre (ITCC) Purwakarta Jawa Barat.

Karena bentuk pelatihan ini adalah Training Of  Trainer maka selepas pelatihan ini seluruh peserta diharapkan bisa menjadi Trainer pemanfaatan ICT dalam pembelajaran minimal disekolah mereka masing-masing.

Alhamdulillah perjalanan kami menuju lokasi pelatihan berjalan lancar, meskipun sempat mengalami kemacetan panjang  karena gangguan kecelakaan truk yang terbalik di tengah-tengah jalan tol Jakarta-Cikampek. Tepat pukul  sebelasan kami tiba di lokasi. Setelah coffee break dan regestrasi acara langsung dibuka dengan sambutan dari Pak Yulief selaku panitia acara, kemudian Pak Taufiq perwakilan dari IGI Bekasi dan dilanjutkan Om Jay selaku penasehat IGI Bekasi yang juga akan mengisi salah satu materi dalam pelatihan ini.

Acara di buka dengan sambutan dari panitia

Berdasarkan Round Down acara yang kami dapat TOT ICT ini akan diisi oleh pembicara yang memang pakar di bidangnya, mereka adalah :

  1. Agus Sampurno (Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran)
  2. Dr. Sony Trilaksono, M.Ed (Sekolah berbasis ICT)
  3. Elga Yulwardian dan Endy Kurniawan (Creative Blogging With Indosat)
  4. Dedy Dwitagama dan Wijaya Kusumah (Menulis dan Mengelola Blog secara kreatif)
  5. Hasan Chabibie (PUSTEKKOM)

Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran oleh Pak Agus Sampurno.

Materi pertama dibawakan oleh Pak Agus Sampurno tentang pemanfaatan  ICT dalam pembelajaran. Pak Agus yang terkenal didunia maya sebagai guru kreatif (gurukreatif.wordpress.com) memberikan materi sekaligus bukti kepada para peserta akan pentingnya blog bagi seorang guru. Pak Agus yang tahun ini meraih penghargaan dari Acer Guraru Award 2011 memberikan ilmu sekaligus pengalamannya kepada para peserta, beliau menjelaskan saat ini sudah tidak jamannya lagi guru menjadi satu-satunya sumber pengetahuan. Karena saat ini siswa-siswa kita hidup di zaman serba digital, mereka  bisa mendapatkan informasi hanya dengan satu kali klik saja. Diperkirakan 2,7 Milyar setiap harinya informasi diakses melalui media google. Dan ada 40 exabytes informasi baru yang unik yang terlahir tahun ini di seluruh dunia. Luar biasa bukan ??

Dengan Y chart pak Agus Sampurno mengajak para peserta berdiskusi tentang 3 kelebihan yang akan didapatkan seorang guru jiika memanfaatkan ICT dalam kegiatan belajar mengajarnya. Hasil dari diskusi dengan para peserta didapatlah 3 kelebihan tersebut antara lain :

  1. Terlihat : Mewah, Profesional, Mudah , Simpe, Gaul
  2. Terasa : Asik, menyenangkan, aktif dan singkat
  3. Terdengar  : Keren, Modern, Intelek

Pesan Pak Agus Sampurno dalam materi yang beliau bawakan yang saya garis bawahi adalah “saat ini siswa-siswa kita harus tetap diarahkan dalam menggunakan ICT,arahkan mereka harus membuka dan membuat apa, biarkanlah mereka jago dalam ICT tugas kita hanyalah mengarahkan.

Meskipun google sangat membantu tetapi tetap guru mempunyai peran yang lebih penting. Mungkin setiap pertanyaan Apa ? Dimana ? Kapan ? Bagaimana ? bisa dijawab oleh mesin pencari seperti google, tetapi tetap saja mereka tidak dapat menggantikan peran guru di kelas. Saat di kelas guru harus lebih banyak menggunakan pertanyaan Mengapa ? dan guru yang baik adalah guru yang siap menerima pertanyaan mengapa (Why) dari para siswanya. Karena Guru tetap menjadi orang dewasa di kelas yang harus mampu memilah dan memilih kemudian menimbang informasi yang akan diberikan kepada siswa-siswanya.

Tuntutan Zaman Globalisasi – Dr. Sony Teguh Trilaksono M.Ed

Sekarang kita hidup di zaman globalisasi dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, salah satu cirri khas lingkungan masyarakat yang berpengetahuan adalah masyarakat yang kritis, kondusif, dan adaftif terhadap berbagai perubahan kemudian siap menghadapi globalisasi.

Dr. Sony Trilaksono, M.Ed

Materi kedua dibawakan  Dr. Sony dari Indosat, melanjutkan materi sebelumnya Pak Sony semakin mempertegas akan pentingnya guru memahami dan menguasai penggunaan ICT. Di awal materi beliau menyampaikan beberapa pandangan pakar perkembangan globalisasi saat ini.

  • Kekuatan Otak lebih baik dari pada kekuatan otot  (buktinya Indonesia yang jumlah penduduknya banyak kalah dari Singapura yang penduduknya sedikit)
  • Sumber daya ekonomi tidak lagi muncul dari kekayaan alam tetapi dari kekayaan pola pikir.
  • Tidak ada Negara/ perusahaan yang bangkrut yang ada hanyalah tersingkir karena tidak siap mengikuti perkembangan zaman.
  • Dahulukan Know More daripada Have More
  • Pikiran itu seperti air, jadi biarkanlah ia mengalir agar tidak keruh.

Selanjutnya Pak Sony memaparkan kepada para peserta bahwa saat ini Output pendidikan dengan Tuntutan Eksternal sangat berbanding terbalik. Sehingga menimbulkan masalah sosial yaitu pengangguran intelek. Lantas Siapakah yang salah ??

Tidak perlu kita mencari kambing hitam, yang diperlukan adalah bagaimana kita menjadi guru yang lebih kreatif agar menghasilkan siswa yang kreatif dan mempunyai bekal untuk hidup di era globalisasi ini. Guru harus mau belajar untuk pendidikan Indonesia yang baik.

Salam Guru Blogger

Bersambung ..

Advertisements

8 thoughts on “Ada Apa di Training Of Trainer ICT di ITCC Indosat Purwakarta (1)

  1. Reblogged this on Guru Kreatif and commented:
    Saya kutipkan atau istilahnya ‘reblog’ dari situs Pak Wahid sahabat saya mengenai event yang menarik di Indosat di akhir tahun 2011. Laporan yang pak Wahid buat sangat baik dan bergaya jurnalis blogger sejati, silahkan menikmati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s