Langkah-Langkah Belajar Sukses

319611_239974076057269_100001340365563_598487_1122856396_nUjian akhir Nasional tidak lama lagi akan berlangsung mulai dari tingkat SMU, SLTP, sampai SD. Yang namanya ujian tentu semua inginkan kelulusan dengan hasil yang maksimal. Untuk mendapatkan hasil tersebut tidaklah mudah, perlu perjuangan, kerja keras dengan banyak berlatih, kemudian berdo’a. Melalui tulisan ini Mr. Wahid akan mengulas faktor-faktor penentu keberhasilan belajar yang sekarang ini banyak di lupakan atau bahkan di tinggalkan oleh siswa-siswa kita.

Tahukah kamu ? semua yang terjadi di alam ini membutuhkan sebuah proses yang panjang. Air dari langit yang turun ke bumi pun mengalami sebuah proses yang panjang sampai akhirnya terjadilah hujan. Begitu juga Belajar, butuh sebuah proses untuk menjadi sukses dalam belajar. Adam Khoo dalam bukunya I am Gifted, So Are You! Menyebutnya dengan Proses Sembilan Langkah Untuk Belajar Sukses.

Siswa Super Dan Siswa Lamban – Otak Sama, Strategi Berbeda

Seluruh manusia khususnya anak-anak di planet bumi ini pada dasarnya memiliki otak dan sistem saraf yang sama. Tetapi mengapa ada siswa yang bisa belajar dengan mudah dan menjawab semua pertanyaan sulit tanpa pernah mengalami kesulitan, di sisi lain ada siswa lainnya harus membaca satu halaman sebanyak 4 kali dan tetap tak mengerti atau mengingat apa yang di bacanya. Alasannya adalah ada yang memiliki insting untuk belajar dengan strategi yang tepat sehingga dapat mengakses lebih banyak kekuatan otaknya, mereka telah mengetahui rahasia mempelajari cara belajar. Sedangkan yang lainnya tidak.

Setiap keberhasilan pasti meninggalkan jejak bukan ? jejak inilah yang coba di jadikan sebuah rumus oleh Adam Khoo dan ternyata fantastis, Adam telah mampu merubah paradigma siswa bodoh tidak akan sukses belajar. Adam telah banyak merubah siswa-siswa biasa menjadi siswa-siswa yang luar biasa di sekolahnya masing-masing.

Bagaimana kamu Belajar ?

Menurut Adam, 90% siswa mulai belajar antara satu sampai tiga bulan sebelum ujian akhir. Banyaknya langkah yang mereka ambil bervariasi antara satu sampai lima. Menarik bukan ? sebagian mereka belajar hanya dengan …

Dua langkah. Mereka membaca buku catatan dan teks (langkah 1) dan ikut ujian (langkah 2). Mereka inilah para siswa yang berada di garis batas. Bisa gagal atau lulus dengan susah payah.

Tiga langkah. Mereka membaca catatan dan buku teks, mengingatnya, dan ikut ujian. Mereka inilah siswa yang akan mendapat nilai C dan D

Empat langkah. Mereka Membaca catatan dan buku teks, memasukkan dalam memori, berlatih menjawab soal, dan ikut ujian. Mereka umumnya mendapat nilai B dan kadang-kadang A.

Ernest Wong seorang pakar percepetan belajar menyampaikan tentang para pelajar super adalah mereka yang membutuhkan sembilan langkah untuk sukses belajar dan jaminan mendapatkan nilai ‘A’. Belajarnya pun tidak dimulai satu atau tiga bulan sebelum ujian akhir, tetapi hari pertama masuk sekolah! Benar. Belajar dimulai sejak hari pertama.

Berikut ini adalah Proses Sembilan Langkah Untuk Belajar Yang Sukses :

  1. Tentukan Goal Setting yang jelas
  2. Buat rencana dan penjadwalan
  3. Beraksi (bertindak) secara konsisten
  4. Power Reading (Kekuatan Membaca) – Membaca dan dapatkan informasi
  5. Mind Mapping (Pemetaan Pikiran)
  6. Super Memory (Daya Ingat Super)
  7. Seni Penerapan
  8. Persiapan ujian
  9. Ujian

Langkah ke 4 sampai dengan langkah ke 9 adalah seni atau suatu keterampilan cara belajar yang selanjutnya kami sebut Supermap Mind Map Fast Learning®. Suatu metode yang bisa kita pelajari dan ajarkan kepada anak-anak kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s