Menjadi Guru Kreatif Dengan Memanfaatkan Blog sebagai Media Pembelajaran Liputan Khusus Pelatihan Blog untuk Guru bersama IGI Bekasi, Indosat, dan Blogger Bekasi

Islamic Centre Bekasi, Minggu 30 Oktober 2011 “Pelatihan Blog” yang diselenggarakan oleh Komunitas Blogger Bekasi (be-BLOG) bekerjasama dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Bekasi didukung oleh Indosat Peduli Pendidikan menyelenggarakan WORKSHOP pemanfaatan BLOG sebagai media pembelajaran dengan menghadirkan nara sumber yang berpengalaman yang sudah malang melintang di dunia blog dan telah mengukir prestasi-prestasi yang membaggakan. Mereka adalah :
1. Amril Taufik Gobel (Penasehat Komunitas Blogger Bekasi)
2. Irfan ZJ (Admin Komunitas Blogger Bekasi)
3. Nunuk Purwaningsih (Blogger dan Dosen FKUI)
4. Wijaya Kusumah (Guru TIK SMP Labschool Jakarta)

Workshop satu hari ini sangat diminati oleh guru-guru kota dan kabupaten bekasi, terbukti dengan banyaknya peserta yang mengikuti pelatihan ini. Ada sekitar 60 peserta, sebelumnnya panitia hanya membatasi 50 peserta. Sehingga terpaksa panitia menolak beberapa peserta yang ingin mengikuti pelatihan ini karena sudah melebihi kuata.
Blog bukanlah sesuatu hal yang baru, namun masih sedikit sekali guru-guru yang memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran. Pelatihan yang digalang IGI Bekasi ini bermaksud mengajak guru-guru di Bekasi untuk melek teknologi khususnya Internet. Perkembangan internet yang begitu pesat membawa berbagai kemajuan di bidang teknologi informasi, mulai dari berkembangnya situs jejaring sosial, maraknya games online dan web blog. Hal tersebut sudah tentu akan menarik siswa bagai sebuah magnet. Dampak penggunaan teknlogi sudah mulai tampak dan tak terkendali ditambah lagi dengan semakin mudahnya siswa mengakses jaringan Internet melalui PC, Notebook, Handphone, dan menjamurnya warung-warung internet yang sangat mudah ditemui.

Untuk menanggulangi arus negatif dari dampak penggunaan Internet perlu adanya kerja sama dari semua pihak termasuk guru yang merupakan pendidik sekaligus orang tua kedua bagi siswa disekolah. Om Jay salah satu pembicara dalam workshop ini menekankan betapa pentingnya Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Lebih lanjut beliau mengemukakan teknologi internet dalam hal ini blog harus diperkenalkan kepada siswa dan guru. Menurut Om Jay saat ini kita sedang berada di era perkembangan ICT (Information Commucation and Technology) yang sangat cepat sehingga menuntut guru mau tidak mau harus melek Internet, karena guru harus mampu menjadi pemandu (guide) agar pemanfaatan Internet menjadi sehat.
Pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran harus mulai di galakkan, karena saat ini dunia internet masih dikuasai konten-konten negatif. Melarang siswa mengakses internet bukanlah jalan keluar yang tepat. Karena memang anak-anak kita hidup di zaman serba canggih, serba IT. Karena Khalifah Ali RA sendiri menasehati kita sebagai orang tua agar mendidik anak-anak kita sesuai dengan zamannya.
Tantangan bagi dunia pendidikan di era globalisasi ini amatlah berat. Guru harus mampu memperbaiki cara mengajarnya dari pembelajaran dengan paradigma lama menuju baru. Karena memang zaman sudah berubah, yang kita hadapi adalah peserta didik yang disebut digital native atau penduduk asli dalam dunai digital. Om Jay menyebut aktivitas belajar saat ini dengan sebutan C-Generation. Berikut ini bagan aktivitas belajar C-Generation.

Dalam bagan diatas terlihat bahwa aktivitas belajar tidak hanya berlangsung di dalam kelas, tetapi juga di luar kelas, dan virtual kelas. Selanjutnya, para guru dituntut untuk mampu membangun konten-konten edukatif yang membuat para peserta didiknya menjadi kreatif. Salah satunya adalah membangun blog sebagai media pembelajaran.

Jika setiap guru mampu membuat dan mengoptimalkan blog pribadinya, maka di dalam blog itu semua penugasan, materi singkat maupun padat dituliskan di sana. Maka akan terjadilah diskusi dan komunikasi dua arah antara guru dan murid. Dimana para murid mampu memberikan tanggapan dari apa yang dituliskan oleh para guru.

Para peserta didik akan dengan mudah mengakses darimana saja dan kapan saja. Mereka bisa mengakses dari rumah melalui laptop atau handphone mereka. Berbagai peralatan canggih seperti ipad dan netbook yang mungil tentu sangat digemari mereka dalam pemanfaatannya. Terjadilah connecting and sharing antara pendidik .

Advertisements

6 thoughts on “Menjadi Guru Kreatif Dengan Memanfaatkan Blog sebagai Media Pembelajaran Liputan Khusus Pelatihan Blog untuk Guru bersama IGI Bekasi, Indosat, dan Blogger Bekasi

    • Terima kasih atas kunjungannya, Pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran menurut saya lebih tepat dan lebih aman daripada kita menggunakan situs jejaring sosial, dengan blog guru akan berkreasi dengan membuat konten-konten yang dibutuhkan siswa. Blog juga sudah diakui pemerintah sebagai media positif, Menkominfo menetapkan 27 Oktober hari blogger nasional. Dampak positifnya antara lain : membudayakan menulis bagi guru dan siswa,lebih banyak inovasi dan pengetahuan baru yang akan di dapat siswa, karena kelas akan terbuka selama 24 jam kapanpun siswa membutuhkan informasi ia tinggal buka blog gurunya.Dampak negatifnya mungkin karena blog menggunakan teknologi internet, siswa pasti akan membuka halaman lain selain blog gurunya. Jadi perlu pengawasan dan pendampingan kepada mereka khususnya bagi siswa di tingkat SD.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s