//
anda sedang membaca...
Catatan Harian, Pakem, Pendidikan

Who Want’s To Be a Super Teacher ?

Super Teacher Sukses dan Asyik Mengajar

super teachBegitu melihat judul seminar ini tanpa pikir panjang saya langsung mengambil keputusan untuk mengikuti seminar ini.  Apalagi kegiatan ini di fasilitasi oleh Yayasan Oxfourd Course Indonesia dengan biaya yg sangat murah yaitu Rp. 80.000 untuk kegiatan satu hari penuh lengkap dengan Coffee Break dan makan siang. Dan supaya tidak sendiri akhirnya sayapun mengajak rekan saya mengikuti seminar yang akan dibawakan oleh Kang Azul seorang pakar Super Teachers, yang juga sebagai penggagas seminar ini yang akan terus diadakan untuk meningkatkan profesionalitas guru dalam mengajar.

Secara materi seminar ini sebenarnya lebih banyak memotivasi guru, banyak melakukan perjalanan ke dalam (Inner Jorney), menyentuh hati dan menyadarkan guru untuk selalu mengajar dengan hati.  Kang Azul sendiri diawal pelatihan menegaskan bahwa seminar yang pertama ini hanyalah membangun pondasi yang lebih kokoh serta membesarkan hati seorang guru.  Dari sanalah start dimulai untuk menjadi seorang Super Teachers.

 

Lalu bagaimanakah tindakan atau langkah apa saja yang perlu kita perbuat untuk menjadi seorang Super Teachers ? sehingga akan menciptakan guru-guru yang memiliki hati yang besar dan pondasi yang lebih kokoh. Ada beberapa hal yang disinggung Kang Azul untuk menjadi seorang Super Teacher. Diantaranya adalah :

1. Perbaiki dan mantapkan Niat

Untuk menjadi super teacher langkah pertama adalah mantapkan niat. Niat menjadi sangat penting ketika memulai suatu amalan atau pekerjaan. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah haditnya bahwa segala perbuatan itu tergantung dari niat. Mantapkan niat kita dalam mengajar (nilai 10). Sempurna. Tidak kurang…

2. Perubahan pertama “Saya Harus Berubah”

Yakinkan dalam diri kita, untuk merubah sesuatu pastikan diri kita harus berubah dulu. Kita yang harus berubah, merubah menjadi lebih baik.

3. Ciptakan Energi positif

Seorang Super Teacher akan sukses dan asyik dalam mengajar harus memiliki energi yang besar dan positif. Energi tersebut datang dari tubuh kita sendiri, caranya dengan merubah cara kita bernafas, kita cenderung salah dalam bernafas. Terbukti hampir semua peserta seminat tak mengetahui tentang hal ini. Bernafas yang baik dan akan menghasilkan energi yang besar yaitu bernafas dengan perut. Tarik nafas dalam-dalam dengan perut yang ikut mengembang dan keluarkan dengan mengempeskan perut . Hal ini menjadikan pembakaran karbohidrat dan lemak akan menjadi sempurna mencapai 70% jika dibandingkan pernafasan dengan rongga dada yang hanya 30%. Cara lainnya yaitu dengan membuat gerakan lompat melompat yang dinamakan proses Lymphysizing. Proses tersebut akan menyebabkan sel-sel dalam tubuh kita akan menyebar dan mengeluarkan racun-racun, sehingga terjadilah proses selanjutnya yaitu pembakaran oksigen dan karbohidrat yang akan menghasilkan energi.

4. Kenali Emosi diri

Mengenali Emosi diri dengan menghargai diri sendiri, dengan memperhatikan pusat kehidupan kita yaitu hati. Guru hanyalah manusia biasa yang pasti memiliki permasalahan di luar maupun dari dalam lingkungan. Setiap permasalahan akan mengecilkan volume spirit kita, sehingga lambat laun menjadi semakin lemah dan akhirnya menimbulkan stress. Jika Guru sudah mengalami hal ini, jangan harap mengajar akan asyik dan menyenangkan, yang ada juga siswa yang akan menjadi sasaran.

Permasalahan-permasalah yang menimpa kita sebaiknya jangan dilupakan, tetapi sebaiknya dilepaskan. Apa bedanya ya ?.. Hmm ternyata sangat berbeda loh. Kalo hanya dilupakan beban itu masih ada dan menumpuk yang lambat laun akan meledak… Dooorrrrrrrr. Dan masalah pun gak akan bisa selesai. Tapi jika dilepaskan atau di buang jauh-jauh,  tubuh dan hati kita sepertinya ringan kembali dan siap menyambut hari baru.

5. Bersyukurlah

Langkah terakhir untuk membangun sebuah pondasi menjadi super teacher yaitu dengan selalu memompa spirit dan energi kita. Caranya gimana dong ?? Sebuah cara yang cukup unik dan klenik.. hehe. Emang bener caranya cukup aneh tpi efektif loh dan hal ini ternyata dilakukan oleh orang-orang sukses.

Bersyukur akan memompa spirit dan Energi kita menjadi lebihhhhhhh dahsyattttt. Bukankan sebagai seorang muslim kita memang diperintahkan bersyukur ? Bahkan kita harus menjadi orang yang selalu bersyukur bukannya kufur. Orang bersyukur akan selalu ditambah dan ditambah nikmatnya, sebaliknya orang kufur tunggu adzab Allah sangat pedihhh. Dalam Qur’an Surat Ibrahim ayat 7 Allah swt berfirman :

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (Q.s. Ibrahim: 7).

Lalu bagaimana cara bersyukur yang cukup aneh itu… ??

Memang ada beberapa cara untuk membuktikan bahwa kita bersyukru kepada Allah. Tetapi cara yang diajarkan dalam seminar kali ini lebih melibatkan Inner Jouney (perjalanan ke dalam) dengan otak dalam keadaan alfa.

Kepada siapa saja kita harus bersyukur ?

  1. Allah dan Rasul-Nya
  2. Orang tua
  3. Pasangan
  4. Diri kita sendiri
  5. Masa kanak-kanak kita

Untuk nomor 4 memang saya pernah mendapatkan teori bahwa kita sebaiknya menyempatkan waktu untuk berbicara dan berterimakasih kepada diri kita sendiri. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan rasa percaya kepada diri sendiri dan melahirkan sikap menghargai diri sendiri. Di sini saya diingatkan kembali, sesuatu yang sudah sangat lama saya tinggalkan.

Lalu bagaimana dengan nomor 5… ?

Ini ilmu baru yang saya dapat, menurut Kan Azul pembicara dan fasilatator dalam seminar ini, dalam diri kita sebenarnya masih ada jiwa kanak-kanak kita. Jiwa yang murni, kuat, pemberani, pembelajar dan penyayang. Kita sudah berapa tahun melupakan mereka ya ? mungkin mereka jiwa kanak-kanak kita itu sedang tertidur nyenyak. Hmm saatnya membangunkan mereka, karena mereka akan memberikan kekuatan kepada kita.

Mulai deh caranya seperti apa ya ?

Caranya hampir sama dengan metode meditasi, duduk dengan santai, tarik nafas konsentrasi pada saat mengeluarkan nafas. Dengan cara membayangkan orang-orang yang kita sayangi ada di hadapan kita. Tersenyum kepada kita, lalu ucapkan dengan penuh emosi rasa terima kasih, dan ucapkan bahwa kita sayang mereka. Lakukan ini secara rutin, Hmm saya pribadi selalu melakukannya setelah shalat malam, tanpa disadari air mata selalu menetes, dan pagi harinya saya Alahamdulillah selalu mempunyai semangat dan Energi yang luar biasa. Hmmm.. Terima kasih Kang Azul atas ilmunya.

About mrwahid

I'm a Teacher in SDIT Islamia

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Mr.Wahid

Pengunjung Online

”amung

Statistik

Alexa Certified Traffic Ranking for mrwahid.worpress.com
Banner 250x250 pxl

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 39 other followers

@My Tweett

Sepercik Embun Hidayah

Setiap penulis akan meninggal. Hanya tulisannya yang akan kekal sepanjang masa. Maka tulislah tulisan yang akan membuatmu bahagia di hari kiamat.

Yusron Fauzi

Pembelajar yang Tak Pernah Pintar

Blog Pendidik

@dwitagama: karakter tumbuh dari pembiasaan

Creative Learner

Learning, Teaching and Story Telling

Catatan wisha

untuk sahabat yang ingin berbagi

Swim to my words... Swim to my world...

Love the life you live... Live the life you love...

SUZIE ICUS PERSONAL BLOG

Education is not preparation for life; education is life itself - John Dewey

mulyana kuningan asri

tak pernah berhenti belajar

Blog Guru Kreatif

Praktisi pelatihan guru dan konsultan manajemen sekolah

kangdidisuradi

siswa yang berkarakter dimulai dari guru yang berkarakter

arebyne

Never Old to Learn

Nunung Nuraida

merekam asa, rasa dan cerita

Myblog.Ies-is

Ikhlas dengan takdirmu..,karena..,Ikhlas itu seperti dalam surat Al Ikhlas

%d bloggers like this: